A+

6/recent/ticker-posts

Celebrating Creativity & Graphic Arts of 10th FGD forum

Seminar Umum Grafika FGD-PNJ, 21 Okt 2008

Tiket : Gratis [dipersilakan bagi yang ingin menyumbangkan buku]

Submitted by mahar.prastowo on Tue, 10/14/2008 - 12:37.

http://dikti.org/?q=node/312

http://www.fgdexpo.net/

10 tahun Kiprah Forum FGD dan Reposisi Pendidikan Teknik Grafika dan Penerbitan PNJ

Forum FGD adalah organisasi nirlaba dibidang grafika, Dibentuk oleh para praktisi, pengamat serta akademisi di bidang grafika, meliputi percetakan, desain grafis, fotografi, periklanan, penerbitan, converting kemasan dan kegiatan lain yang terkait, secara aktif mendukung pengembangan industri kreatif nasional melalui berbagai kegiatan seperti Seminar, Conference, Workshop dan Expo Grafika. Forum FGD juga berperan penting dalam upaya menggolkan rumusan pemerintah mengenai Kreatif sebagai bagian dari pilar industri.

Kelahiran FGD juga disambut dengan positif oleh segenap komunitas Grafika Nasional, terbukti dengan suksesnya penyelenggaraan FGDexpo2003, FGDexpo2005 dan FGDexpo2007 lalu, serta antusiasme para praktisi bisnis dalam mendukung pameran FGDexpo2009 yang akan dilaksanakan 30 Juli-02 Agustus 2009 mendatang dengan tema Experiencing Creative Industry.

Dalam rangka kiprah 10 tahun FGD, sesuai dengan misi Forum FGD yang ingin mencerdaskan masyarakat Grafika tanah air, maka kepedulian terhadap dunia pendidikan kegrafikaan dibidang edukasi ini diperingati dan diwujudkan dengan menyelenggarakan acara Campur Sari Perkembangan Teknologi Grafika.

Acara yang merupakan Kerjasama Forum FGD dengan Politeknik Negeri Jakarta [PNJ] ini, bertema Campur Sari Perkembangan Teknologi Grafika dalam rangka 10 tahun kiprah forum FGD dan Reposisi pendidikan Teknik Grafika dan Penerbitan PNJ.

Seminar umum kegrafikaan yang akan dilaksanakan merupakan intisari dari subtema FGDexpo2009 yang meliputi 3P yaitu packaging, promotion & publishing dengan pembicara dari kalangan industri, pendidikan dan expert. Keynote Speaker Dr. Fasli Djalal, Ph.D selaku Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas yang akan menyampaikan tema Link & Match Pendidikan Politeknik di Indonesia. Keynote speaker lainnya adalah Raja Manahara Hutauruk dengan tema Perkembangan Penerbitan Buku di Indonesia.

Tema-tema menarik lainnya yang akan diangkat dan relevan dengan perkembangan industri grafika terkini antara lain: Digital Book Making, Breakthrough in the Publishing Industry [Oce Expert], Prepress Workflow - What is CIP3 Computer to Plate System [Ronny Ng, Kodak Asia Pasifik], Teknologi Flexography untuk Kemasan Plastik [Anwar Kurniawan-CEO PT Anta Tirta Kirana], Keunikan Memproduksi Karton Box [Marchadi, Xansin Machinery Indonesia]., Printability of Dupont Tyvek [Agustus Luo-Daniel Lim, AP Tyvek Printing Specialist Dupont Asia Pacific], Plastik Ramah Lingkungan [Henky Wibawa, Argha Karya Prima Industry].

Selain seminar yang wajib diikuti kalangan industri Printing, penerbitan dan packaging ini, juga akan ada sesi perkenalan Forum FGD mengenai perlunya hubungan terpadu antara institusi pendidikan-Industri dengan tema The Link Hub for Creative industry in Indonesia yang disampaikan oleh Guntur Santoso, Steering Committee Forum FGD.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan kegrafikaan, Forum FGD dalam rangkaian acara ini memberikan beasiswa kepada 5 [lima] mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta, dan menyalurkan buku untuk perpustakaan lembaga pendidikan grafika yaitu Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Media Kreatif, Akademi Teknologi Grafika Trisakti, Akademi Teknologi Grafika Indonesia dan beberapa SMK Grafika.

The Link Hub for Creative industry in Indonesia

Dalam sesi Executives meets Students, Chandra Devi Firdaus dari FGD akan memandu Penyerahan Berkas Lamaran Kerja & Diskusi Praktek Kerja Langsung (PKL) yang mempertemukan Mahasiswa dan alumni dengan Team Executive seperti Hari Wadjono [Gramedia Printing], Raja Manahara Hutauruk [Erlangga Publishing], Dr. Edi Hambali [Indonesia Printing], Dr. Ir. T. Yuri M. Zagloel, MEngSc [Samudra Montaz], Ir. Arry Darmadi Sutjiadi [Avesta Continental Pack], Harris C.A. Titus [Bukit Muria Jaya], Mario Alisjahbana [Dian Rakyat Group], Jusuf Kristanto [DIC Indonesia], Buldamsyah [Cemani Toka].

Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dan peta industri kreatif grafika di Indonesia, serta dampaknya terhadap perkembangan industri kreatif grafika dunia, kami mengundang Rekan-rekan media untuk menghadiri acara Campur Sari Perkembangan Teknologi Grafika, yang akan diselenggarakan pada:

Hari & Tgl: Selasa, 21 Oktober 2008
Waktu : 08.30 –16.30 WIB
Tempat : Auditorium Gedung Direktorat Politeknik Negeri Jakarta
Kompleks Kampus UI Depok

Agenda :
1. Perkenalan Forum FGD
2. Seminar Umum & Diskusi
3. Perkenalan FGDexpo2009
4. Penyerahan Beasiswa
5. Sumbangan Buku Perpustakaan

Key Speaker:
Dr. Fasli Djalal, Ph.D, Dirjen Dikti Depdiknas*
Raja Manahara Hutauruk, Investment Director, Erlangga Publishing

Pembicara2:
1. Oce Expert*
2. Ronny Ng, Kodak
3. Anwar Kurniawan-CEO PT Anta Tirta Kirana
4. Marchadi, Xansin Machinery Indonesia
5. Agustus Luo-Daniel Lim, AP Tyvek Printing Specialist,Dupont Asia Pacific.
6. Henky Wibawa, Argha Karya Prima Industry


* on confirmation

--------------

"In the matter of physics, the first lessons should contain nothing but what is experimental and interesting to see. A pretty experiment is in itself often more valuable than twenty formulae extracted from our minds."
- Albert Einstein


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Great site. A lot of useful information here. I’m sending it to some friends!

    BalasHapus