|Gangguan KAMSELTIBCAR LALU LINTAS hubungi Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Siaran Pers Penyerangan terhadap Jemaat Ahmadiyah Indonesia Cisalada

Al Qur'an [bukan Tadzkirah] turut dibakar
Sehubungan dengan adanya pemberitaan yang simpang siur tentang kejadian penyerangan terhadap komunitas Jemaat Ahmadiyah Indonesia di kampung Cisalada, desa Ciampea Udik, kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, maka dengan ini kami menjelaskan sebagai berikut:

1. Telah terjadi peyerangan terhadap komunitas Jemaat Ahmadiyah Indonesia di Kampung Cisalada, Desa Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, pada pk. 19.15 WIB oleh sekelompok orang berjumlah sekitar 20 (duapuluh) orang, melempari masjid yang didirikan dan digunakan oleh warga Ahmadiyah. Para perusuh berhasil dihalau keluar dari lokasi setelah diteriaki secara spontan oleh warga Kampung Cisalada.

2. Jadi tidak benar ada bentrokan antar warga seperti yang diberitakan oleh Media.

3. Seorang penyerang yang datang terlambat, diserahkan baik-baik oleh warga Ahmadiyah kepada Ketua RW setempat dan Ketua RW menyerahkan orang tersebut kepada Polsek Ciampea.

4. Pengurus Jemaat Ahmadiyah Indonesia di Kampung Cisalada telah melaporkan peristiwa tersebut kepada Kepolisian Sektor Ciampea, segera setelah peristiwa pk. 19.15 tersebut.

5. Sebelum pihak keamanan tiba di Kampung Cisalada, massa perusuh datang kembali ke Kampung Cisalada tersebut dalam jumlah yang lebih banyak dan mengadakan pembakaran dan perusakan. Terjadi kerugian dipihak warga Ahmadiyah sebagai berikut : 1 (satu) buah Masjid (sebagian) dibakar, 5 (lima) buah rumah dibakar, 1 (satu) buah mobil dibakar,dan 2 (dua) buah sepeda motor dibakar..

6. Tidak benar terjadi evakuasi oleh pihak keamanan kepada warga Ahmadiyah di Kampung Cisalada tersebut.

7. Kejadian sebenarnya ialah, ada dua rumah milik warga Kampung Cisalada, Desa Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea yang kebetulan warga Komunitas Ahmadiyah, dibakar oleh perusuh. Penghuninya menyelamatkan diri dengan inisiatif sendiri, mengungsi ke rumah saudaranya,masih di Kampung Cisalada juga.

8. Sesuai keterangan dari Pengurus JAI Cisalada, aparat kepolisian dari Resort Bogor tiba 1,5 jam kemudian setelah pelaporan oleh Pengurus JAI Cisalada dan setelah terjadi peristiwa penyerangan dengan pembakaran..

9. Kami meminta agar aparat keamanan dapat mengantisipasi dan mampu melakukan pencegahan terhadap hal-hal seperti ini serta menindak tegas para pelaku sesuai dengan hukum yang berlaku.

10. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mengambil langkah-langkah positif dan yang telah menyampaikan ungkapan simpati kepada kami dan warga kami yang teraniaya, dan terus mengusung kehidupan yang harmonis sebagai sesama anak bangsa dan warganegara.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan.
Terima kasih.

Jakarta, 02 Oktober 2010,
Pukul 07.00 WIB

Jemaat Ahmadiyah Indonesia
Sekretaris Pers Nasional,

Mln. Zafrullah Ahmad Pontoh

Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu berdiri teguh karena Allah, menjadi saksi dengan adil; dan janganlah kebencian sesuatu kaum mendorong kamu bertindak tidak adil. Berlakulah adil; itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah swt. Sesungguhnya, Allah swt. Maha Mengetahui apa-apa yang kamu kerjakan. (Kitab Suci al-Quran Surah al-Maaidah:8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar