|Gangguan KAMSELTIBCAR LALU LINTAS hubungi Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Salurkan Aspirasi Daerah, Bersama Hadapi Pasar Bebas

Bersama Suryo B. Sulisto,
Mantan Ketua Umum HIPPI,
kini KetumKadin. (Foto: Dok)

“Sebagai organisasi himpunan pengusaha, anggotanya juga terdiri dari teman-teman di daerah. Kita  sebagai pengurus pusat harus bisa menyalurkan, memfasilitasi, dan membantu kemauan teman-teman daerah tersebut,” ungkap ET Hadi Saputra, yang juga Ketua Kompartemen Pemberdayaan Daerah DPP HIPPI sejak Juni 2009 lalu.

Selama ini banyak aspirasi daerah yang terabaikan. Untuk itu kepemimpinan HIPPI di tingkat Pusat hendaknya bisa mengayomi dan memfasilitasi aspirasi daerah untuk dapat berkembang dan maju bersama-sama. Melalui kepemimpinan Suryani SF Motik yang terpilih dalam Munas VII lalu, tentu niat baik seperti keinginan Hadi tersebut diharapkan dapat diwujudkan melalui format dalam struktur kepengurusan HIPPI Periode 2010-2015.

Dalam Munas VII yang berlangsung 25-28 Nopember lalu, ET Hadi Saputra adalah salah satu kandidat Ketua Umum yang berdasar pengalamannya menjadi Ketua Pemberdayaan Daerah, ia memiliki harapan besar mengembangkan sikap yang lebih mengakomodir aspirasi daerah yang selama ini masih dirasa kurang tersentuh perhatian pusat.

“Sebagai pengurus HIPPI bidang Pemberdayaan Daerah, saya tentu berharap dikembangkan kepemimpinan yang membuka pintu selebar-lebar untuk aspirasi daerah, termasuk dengan meletakkan pelaku usaha asal daerah dalam jajaran struktur  kepengurusan sesuai kemampuan dan bidang profesi yang digelutinya,” tuturnya.

ET Hadisaputra dalam bursa pencalonan Ketua Umum merupakan kandidat termuda diantara lima orang kandidat lainnya yakni Dhaniswara K Hardjono, Herman Heru Suprobo,  Ilhami Elyas, Yokie M Hutagalung serta Suryani SF Motik yang merupakan satu-satunya kandidat perempuan.

 “Jadi, sebagai organisasi himpunan pengusaha yang anggotanya terdiri dari teman-teman di daerah. Kita justru sebagai pengurus pusat harus bisa menyalurkan, memfasilitasi, dan membantu kemauan teman-teman daerah tersebut,” ungkap ET Hadi Saputra, yang juga Ketua Pemberdayaan Daerah DPP HIPPI era 2005-2010.

Dengan cara itu, diharapkan aspirasi daerah tertampung dengan baik, dan para utusan daerah ini benar-benar berjuang untuk kepentingan organisasi dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dalam menghadapi persaingan pasar bebas. Karena HIPPI saat ini punya tantangan besar dalam kancah pasar bebas, baik di tingkat regional ASEAN, Asia, maupun internasional.

“Sebagai konsekuensi dibukanya pasar bebas antara China-ASEAN (CAFTA – China Asean Free Trade Agreement) dan Indonesia turut menandatanganinya, maka banyak masuk barang berasal dari China, ini mau tidak mau, suka tidak suka, harus kita hadapi dan rasakan sebagai tantangan.” Ujarnya.

Pasar bebas, baginya bukanlah suatu ancaman, namun justru harus jadikan sebagai kesempatan dan peluang besar. “Ibaratnya saya suka jeruk dari China, tapi saya juga tetap suka jeruk lokal dari jawa, maka saya tetap akan membeli jeruk lokal. Dan pasar bebas itu adalah peluang kita untuk bisa menjual jeruk lokal ke pasar lebih luas yaitu luar negeri.”

“Proteksi itu sebenarnya tidak mendidik. Sebab bila kita punya produk, bagaimana supaya negara lain bisa mengimpor produk dari Indonesia dengan kita tonjolkan kelebihannya. Batik misalnya, banyak orang senang dengan batik, apalagi yang daerahnya tropis, atau daerah musim panas, mereka perlu pakaian yang adem. Kenapa kita tidak promosikan batik untuk musim  semi di Eropa maupun Amerika?” Papar Hadi.

“Apakah kita punya nyali melakukan itu semua? Sebab itulah HIPPI harus dipimpin oleh orang-orang yang punya nyali. Punya nyali menawarkan  produk anak bangsa ke luar negeri. Dengan langkah itulah kita bisa melakukan persaingan. Dan tidak ada langkah paling hebat selain memulai dari kecil sekalipun. Jadi mari kita mulai itu dalam kepemimpinan HIPPI saat ini.” Ajak Hadi, Putra Daerah asal Sumatera Barat yang menyukai kutipan Albert Camus: In the middle of winter I at last discovered that there was in me an invincible summer.”


Biodata:
Nama : ET Hadi Saputra
Tanggal lahir: 17 Desember

Karir & Organisasi:
HIPPI - Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia, Juni 2009-Nop 2010, Ketua Kompartemen Pemberdayaan Daerah.
Talenta Indonesia Prima, Jakarta, 2009 hingga sekarang, Business Development Director.
West Coast Fishery, Padang, April 2007 hingga sekarang, Owner.
International Chamber of Commerce, Paris, Agustus 2006 hingga sekarang, Business Development.
MPKAS, Jakarta, 2006 hingga sekarang, Co-Founder.
Serba Design- Architectural Firm, Singapore, 2006 hingga sekarang, Owner.
Gebu Minang, Jakarta, Desember 2005 hingga sekarang, Sekretaris Litbang dan IT.
Serba Arch, Jakarta, 2003 hingga sekarang, Owner.
Serba Adia Pradana-Wood Veneer and Lumber, Jakarta, 2001 hingga sekarang, Owner.
Serba TMC, Jakarta, Agustus 1996-sekarang, Business Director
Alternative Entertainment, Bandung, 1992 hingga sekarang, Owner
Autodesk International, New York, 1994 sampai 2003, Accounting Supervisor, Project Manager
Kazakom, Bandung, 1998 sampai 2001, Owner
Jurnal Budaya Kaba, Jakarta, Januari 1996 sampai April 1996, Pemimpin Umum
M97FM, Pada 1994, Announcer
RADIO GANESHA, Bandung, 1991 sampai 1993, Announcer, Off Air Manager

Pendidikan:
Pascasarjana, UCLA '96MBA, CPA (Accounting Management)
Sarjana (S1), Universitas Padjadjaran '90
SMA 1 bukittinggi '87


berita terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar