Personal Branding Pilkada/Pileg, Kehumasan (PR), Management Issue, Monitoring Media, wa.me/081387284468 >> mahar.prastowo@gmail.com >> fb.com/editor.wiki

hujan meteor terdahsyat sambut ramadhan tahun ini

Apakah anda dalam satu bulan terakhir memperhatikan langit? Kalau posisi anda di Pulau Jawa, begitu magrib tiba anda akan menyaksikan planet venus disisi barat tampak benderang, bahkan serasa sangat dekat dengan bumi.  Planet tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang. Sebenarnya ada tiga planet sedang "narsis" menampakkan diri, namun dua lainnya hanya tampak jika anda melihat dari kawasan lebih gelap seperti pedesaan, pantai atau pegunungan.  Jika anda di kota besar dengan gemerlap siraman cahaya lampu, anda justru butuh teleskop agar dapat melihat dua lainnya yakni Mars, dan Saturnus.

Tanda-tanda apakah sehingga trio planet tersebut menampakkan diri? Apakah mereka tetap pada orbitnya atau terjadi penyimpangan?

Oh, ternyata ketiganya menandai akan gejala alam berupa hujan meteor perseid! 

Hujan meteor Perseid selalu berulang tiap tahun pada pertengahan bulan Agustus, yang puncaknya terjadi pada tanggal 12. Sebuah fenomena yang dapat dilihat dengan mata telanjang pada konstelasi perseus di timur laut.

Venus, Mars, dan Saturnus saat ini dalam penampakannya terjadi antara waktu usai matahari terbenam sampai sekitar jam 10 malam, bahkan masih tampak di tengah malam, membentuk formasi segitiga dengan Venus, Sang Dewi Kecantikan, yang bersinar paling terang di titik bawah. Planet merah Mars mengiringinya di kiri atas dan Saturnus di sisi kanan, membentuk formasi bergerombol di area yang relatif kecil.

Show ketiga planet-Venus, Mars dan Saturnus-yang telah berlangsung selama satu bulan itu akan berakhir pada puncaknya yakni pada 12 dengan "pertunjukan spektakuler" dengan munculnya gelombang pergerakan ekstrim benda-benda langit berupa hujan meteor Perseid. Ya, itu akan terjadi bersamaan dengan gegap gempita kembang api sambut awal ramadhan.

Bagi anda yang akan menyaksikan kejadian paling spektakuler diantara hujan meteor perseid lainnya dimana yang terjadi kali ini hanya terjadi 133 tahun sekali, pada kamis tanggal 12 Agustus waktu Indonesia hingga sabtu 14 Agustus setiap jam akan ada sekitar 60 bintang jatuh berupa "remahan" ekor komet di segala penjuru; "remahan" ini terjadi akibat gesekan ekor komet dengan atmosfer bumi selama mengorbit.

Apa sih Penyakit Kardiovaskuler?

Oleh: Mayarni, SKp.MKes



Atherosclerosis mengacu pada istilah proses pembentukan zat lemak, kolesterol, produk buangan seluler, kalsium, dan fibrin (zat penggumpal di dalam darah) pada dinding dalam pembuluh darah arteri. Zat-zat yang terbentuk tersebut dinamakan plaque.
Bila plaque terbentuk di dalam arteri, arteri perlahan-lahan menjadi tipis dan tersumbat. Arteri menjadi kurang elastis, aliran darah menjadi berkurang. Plaque dilapisi selubung keras, ukuran dan bentuknya beragam. Sebagian plaque tidak stabil dan bisa pecah. Bila plaque pecah terjadi penggumpalan darah di dalam arteri yang menyumbat arteri sehingga menghentikan aliran darah secara keseluruhan. Atherosclerosis merupakan penyebab utama kelompok penyakit yang disebut penyakit kardiovaskluer, penyakit pembuluh darah dan jantung.

Arteriosclerosis adalah istilah umum untuk penebalan dan pengerasan arteri. Sebagian pengerasan arteri itu umumnya terjadi bila usia bertambah.

Apa Penyebab Pembentukan Plaque di Arteri? 
Meski banyak faktor risiko yang diketahui, penyebab artherosclerosis yang tepat belumlah jelas. Terlalu banyak kolesterol dalam darah, kerusakan dinding arteri, dan peradangan tampak memainkan peran yang penting dalam pembentukan plaque.

Bagaimana Atherosclerosis Berawal?
Banyak ilmuwan yang beranggapan bahwa atherosclerosis berawal karena lapisan paling dalam arteri rusak. Lapisan ini dinamakan endothelium. Kerusakan pada endothelium mungkin disebabkan oleh tiga hal berikut:


-Kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah meningkat
-Tekanan darah yang tinggi 
-Asap rokok 
-Diabetes
-Faktor-faktor genetik

Setelah dinding arteri mengalami kerusakan, terjadi pengendapan lemak, kalsium, kolesterol yang secara keseluruhan penumpukan ini disebut plaque. Kolesterol low-density lipoprotein (LDL) diendapkan bersama dengan zat lainnya, tapi kolesterol LDL mudah dioksidasi. Bila LDL mengalami oksidasi, dinding arteri akan menghasilkan zat kimia yang bahkan menyebabkan lebih banyak penimbunan di dinding arteri pada plaque.

Di dalam darah, kolesterol beredar dalam keadaan terikat protein. Paket kolesterol-protein ini disebut lipoprotein. Lipoprotein dikelompokan dalam tiga: densitas (kepadatan) tinggi, densitas rendah, atau densitas sangat rendah, bergantung pada perbandingan jumlah protein dibandingkan dengan lemak.

1. LDL (Low density lipoprotein) cholesterol
LDL juga dinamakan kolesterol “buruk” merupakan sumber utama pembentukan dan penyumbatan arteri. Makin banyak LDL dalam darah, makin besar risiko penyakit jantung.

2. VLDL (Triglycerides/very low density lipoprotein) cholesterol
Trigliserida merupakan jenis lemak lain dalam darah yang terbawa oleh lipoprotein dengan densitas sangat rendah. VLDL sama dengan kolesterol LDL yang kebanyakan mengandung lemak tapi tidak banyak protein. Kadar trigliserida yang tinggi, bersamaan dengan kolesterol LDL yang tinggidapat meningkatkan risiko serangan jantung.

3. DL (High density lipoproteins) cholesterol
HDL juga disebut kolesterol baik, membantu tubuh mengeluarkan kolesterol buruk dalam darah. Semakin tinggi kadar kolesterol HDL, semakin baik.

http://www.facebook.com/notes/maya-mayarni/penyakit-kardiovaskuler/423282054118