|Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Relawan Keluhkan Kelambanan Prosedur Tangani Bencana

Siap Nggak Sih...?? Masa' relawan banyak nganggurnya??

A+ | Kota Manado banjir dan longsor dengan 17 korban tewas (pemerintah dan media masih menulis 14 tewas), angka 17 didapat dari relawan SENKOM RESCUE yang sejak hari pertama menerjunkan 40 personelnya dan mengevakuasi sebagian besar korban tewas.

Menjadi relawan bencana memang melelahkan, dari 40 personil yang terjun, terdiri dari berbagai profesi dan datang dari wilayah Kota Manado sendiri maupun berbagai kecamatan berbeda yang jaraknya juga cukup jauh.

Di Jakarta, Humas PP Senkom tentu saja ikut kalangkabut beserta pengurus lainnya yang sedang persiapan berbagai kegiatan, mulai dari gelar pasukan sebanyak 1200 personil untuk pam pilkada jabar esok hari, diklat deteksi dini konflik dan kebencanaan, diklat kamtibmas, diklat telematika. Namun bagaimanapun sibuk dan belum sempat bertemu bantal beberapa hari, persoalan Manado menjadi persoalan di PP juga.

Alhasil kontak sana-sini cari persediaan logistik, banyak yang sudah habis pasca penyaluran bencana banjir Jakarta. Tim Humas pun berkoordinasi dengan Senkom Rescue lokal Manado, dan juga ke RCTI Peduli, hingga akhirnya sore hari ini, Selasa (19/2) mendapatkan kabar baik dari RCTI Peduli akan dikirim logistik berupa beras 2000 kg, minyak goreng 1000kg, gula pasir 1000kg, selimut 1000pcs, obat-obatan 1000 paket. 

Catatan ini sempat diposting sambil gondok, pertama karena informasi pesawat Auri (cargo) baru terbang besok pagi dari Bandara Halim Perdana Kusuma, sementara keluhann-keluhan masyarakat membanjir ke Senkom, ditambah lagi info bahwa siang tadi Menkokesra dan Gub Sulut sudah meninjau lokasi bencana namun pemerintah setempat berikut jajarannya termasuk BPBD belum punya program dan instruksi untuk melakukan langkah apa saja.

Suwito, koordinator Senkom Rescue Manado sampai mengeluh, bukan karena kecapekan atau tidak ikhlas dalam bertugas mengemban komitmennya sebagai relawan, namun karena instruksi itu sangat penting untuk menjadi dasar melakukan sesuatu, karena pemerintah yang punya wewenang mengkoordinir, menggerakkan segenap elemen dan juga memiliki sarana seperti gudang logistik, alat berat, kendaraan dan sebagainya untuk keperluan darurat.

"Saya dan teman-teman dari tadi pagi banyak menganggurnya, saya terus berkoordinasi dengan pejabat berwenang untuk melakukan penanganan-penanganan seperlunya, tapi kesibukan hari ini hanya penyambutan pejabat saja, sementara masyakat dimana-mana mengeluhkan pada kami soal perut yang lapar lah, soal air bersih, soal kesehatan," kata Suwito yang bersama 39 rekannya juga baru bertemu beberapa bungkus mie instant dan dimasak untuk dimakan bersama-sama menjelang magrib, menumpang masak di dapur penjaga masjid.

Suwito dan kawan-kawan melakukan pemetaan titik-titik terdampak dengan keparahan tinggi, untuk pendirian posko dan dapur umum. Sehingga kalau logistik bantuan datang bisa langsung dibuka dapur umum agar masyarakat kembali bertenaga untuk membersihkan lingkungan.

Selain jalan dan jembatan putus, tim Senkom Rescue juga melaporkan sumur-sumur yang tercemar dan airnya jadi kotor sehingga butuh penjernih air atau suplai air bersih.

Tetap semangat kawan! Doa dan sabar. Dari jauh kami bantu sebisa mungkin apa yang bisa kami lakukan.

Tetap Tegak Lurus! SIAGA SAAT AMAN, ADA SAAT DIBUTUHKAN.

Humas Senkom Pusat: 081 58 57 922 80

6 komentar:

  1. Good day.
    I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog platform are you using for this site?
    I'm getting fed up of Wordpress because I've had problems with
    hackers and I'm looking at alternatives for another platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

    Here is my blog - Golf App

    BalasHapus
  2. There is definately a great deal to find out
    about this issue. I love all of the points you made.


    My web-site - buying twitter followers

    BalasHapus
  3. I've read several good stuff here. Certainly value bookmarking for revisiting. I surprise how a lot effort you set to create one of these wonderful informative web site.

    My webpage ... local MT businesses

    BalasHapus
  4. I'm no longer certain where you're getting your information, but good topic.
    I needs to spend some time finding out more or working out more.
    Thank you for great info I used to be looking for
    this info for my mission.

    Also visit my web site: local white pages directory

    BalasHapus
  5. I simply couldn't leave your site before suggesting that I really enjoyed the usual info a person supply on your guests? Is gonna be back regularly in order to check up on new posts

    My web blog; Michael Kors Handbags Outlet

    BalasHapus