A+

6/recent/ticker-posts

Ini Sejumlah Fakta Pembangunan Lapangan Golf Tommy Soeharto di Kawasan Puncak

 



A+ | Jakarta - Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto membangun lapangan golf bernama Club House New Palm Hill Golf di dekat daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Proyek ini pun menjadi lapangan golf keempat yang dibangun putra mantan Presiden Soeharto tersebut, setelah sebelumnya punya lapangan di berbagai lokasi lainnya.

Berikut sejumlah fakta dari rencana pembangunan Club House New Palm Hill Golf :

1. Proyek Rp 200 Miliar
Lapangan ini dibangun dengan biaya Rp 200 miliar di lahan seluas 87 hektare. Proyek ini dibangun lewat perusahaan PT Bogor Raya Eco Park atau Boreco, di mana Tommy menjabat sebagai komisaris utama. Adapun lokasinya berada di dekat sirkuit balap Sentul di Desa Tajur, Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

2. Diresmikan Tommy
Pembangunan lapangan golf ini diresmikan pada Jumat pagi, 17 Desember 2021 di Desa Tajur. Tommy hadir bersama putranya,  Darma Mangkuluhur Hutomo. Darma merupakan putra sulung Tommy dengan Ardhia Pramesti Regita Cahyani. Pria berusia 23 tahun tersebut sejak 2018 merintis bisnis restoran dan lounge ala Spanyol yang diberi nama Boca Rica Tapas Bar & Lounge.

3. Target Rampung 2023
Direktur PT Boreco Meidianto Susatya mengatakan proyek ini ditargetkan selesai dalam waktu 1,5 tahun. "Kami menargetkan rampung  Juli tahun 2023 mendatang," ungkap Meidianto pada wartawan saat peresmian lapangan golf tersebut.

Luas lahan yang tersedia sebenarnya 120 hektare, tapi yang akan dijadikan lapangan golf hanya 87 hektare saja. Sebab selain lapangan golf, perusahaan juga merencanakan pembangunan vila-vila.

4. Konsep Eco Green
Nantinya, New Palm Hill Golf ini dibangun dengan konsep Eco Green dan back to nature. Meidianto menyebut lapangan golf ini akan menggunakan panel surya dari Eropa. "Namun kami juga tetap akan menggunakan aliran listrik PLN sebagai energi cadangannya, "kata Meidianto.

Selain itu, perusahaan akan memanfaatkan potensi alam di wilayah PT Boreco. Di antaranya seperti menggunakan tenaga angin dan arus air sungai, yang akan dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin, sehingga bisa menghasilkan listrik yang dibutuhkan. Untuk kebutuhan air, fasilitas ini juga menggunakan sistem pompa hidran tanpa listrik.

Untuk sarana pendukung sampai ke lokasi Lapangan Golf New Palm Hil, perseroan membangun infrastruktur jalan tembus dari Desa Hambalang sampai Desa Tajur, tembus menuju akses puncak dua, Bogor.

5. Seribu Tenaga Kerja
Sementara itu, Media Relation Club House New Palm Hill Golf, Thowaf Zuharon menyampaikan wilayah kawasan perseroan dikelilingi perbukitan dan hutan pinus milik Perhutani, juga lahan perkebunan masyarakat yang miliki potensi Wisata Alam karena keindahannya. Pembangunan Lapangan Golf ini juga menjadi satu upaya dari pengembangan wisata alam Bogor Raya Eco Park.

Diperkirakan, pembangunan dan penyelenggaraan lapangan Golf New Palm Hill ini bisa menyerap tenaga kerja hingga 500 sampai dengan seribu pekerja. Selain itu, pembangunan lapangan Golf ini juga menjadi bagian dari pemberdayaan masyarakat di sekitar Lapangan Golf.

6. Tiga Lapangan Golf
Sebelum Club House New Palm Hill Golf ini diresmikan, Tommy telah lebih dulu membangun tiga lapangan. Akan tetapi, ketiganya tercatat berada di bawah pengelolaan PT Intra GolfLink Resorts atau IGR, di mana Tommy menjadi komisaris di perusahaan tersebut.

Informasi mengenai ketiga lapangan ini bisa diakses di laman resmi perusahaan golflinkresorts.co.id. Pertama yaitu Palm Hill Golf Club yang terletak di Desa Kadumangu Babakan Madang, Sentul, Bogor. Kedua yaitu Lapangan Golf New Kuta di Pecatu Bali. Ketiga yaitu Black Rock Hotel & Golf Club di Belitung, Bangka Belitung.

7. Diresmikan Menjelang Lelang Aset Rp 2,4 T
Rencana pembangunan lapangan golf ini bersamaan dengan proses lelang atas aset Tommy yang sedang berjalan. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta V diketahui segera melelang aset PT Timor Putra Nasional yang telah disita Panitia Urusan Piutang Negara.

Perusahaan milik Tommy itu adalah debitur penerima Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Pemberitahuan mengenai rencana lelang tersebut ditulis dalam pengumuman di surat kabar harian nasional pada hari ini. Informasi tersebut juga disebarluaskan Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, melalui akun Twitternya, @prastow.

"Satgas BLBI terus berkomitmen mengamankan hak negara! KPKNL Jakarta V hari ini mengumumkan lelang atas aset milik debitur/penanggung utang PT Timor Putra Nasional. Silakan jika berminat. Mohon terus didukung dan dikawal demi kebaikan Indonesia" tulis Prastowo, Selasa, 14 Desember 2021.

Objek yang dilelang adalah barang jaminan milik Timor, yakni empat bidang tanah yang terletak di Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berikut barang di atasnya. Nilai limit dari aset tersebut adalah Rp 2.425.000.000.000 dan uang jaminan Rp 1 triliun.

Tommy Soeharto menanggapi santai tentang rencana lelang aset PT Timor Putra Nasional tersebut. "Gak ada penyitaan. Orang gak ada utangnya, kok," ujar Tommy singkat, di sela-sela acara pembangunan New Palm Hill Golf di Desa Tajur, Jumat 17 Desember 2021.





Tempo dan berbagai sumber

Posting Komentar

0 Komentar