|Gangguan KAMSELTIBCAR LALU LINTAS hubungi Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Penyataan Sikap PWI-R Atas Tindakan Oknum A-parat

Kepada Yth,
Bapak Panglima TNI
Bapak Kepala Kepolisian RI
Di tempat


Perihal:
Surat Terbuka, Kritik dan Keprihatinan Mendalam Terhadap Laku Oknum Aparat TNI dan Polisi Terhadap Jurnalis


Dengan hormat,
Pagi ini pukul 06.45, telah terjadi penodongan pistol yang disodokkan ke perut wartawan TV One, Kalimantan Barat, Sdr. Bambang Sunarso, oleh aparat intel oknum Korem Pontianak, berinisial Sirat.
Sdr Bambang adalah anggota PWI-Reformasi Korda Kalbar. Ia bersama rekan wartawan lain: Wahyu, KOMPAS, Teguh, ANTARA, Rangga, RRI Kalbar, mereportase ihwal kepindahan WNI menjadi warga Malaysia di Perbatasan Entikong, Kalbar. Berita ini pernah dilansir Kompas, 19 Maret 2008 lalu.
Kami sudah melakukan dialog per telepon dan sms dengan Kol., A. Yani, Puspen TNI, pagi ini setelah peristiwa terjadi. Dan Puspen berjanji akan memperhatikan ihwal ini
Melalui surat terbuka ini, izinkan kami menyampaikan kritik tajam tehadap laku oknum TNI demikian. Semoga melalui surat terbuka ini Panglima TNI, dapat menghimbau seluruh jajarannya untuk menghargai lingkup kerja jurnalis yang berjalan sesuai dengan Undang-Undang yang ada.
Senjata TNI dibeli dengan uang rakyat, bukan untuk menakuti rakyat.
Begitu pula pada kesempatan ini kami mendesak Kapolri, untuk memproses, laku oknum polisi di Maluku, yang bulan lalu melakukan penyerangan dan perusakan kantor Redaksi Siwalima, Ambon. Hingga kini kami belum melihat ada tindak lanjut proses hukum hal ini.
Melalui surat terbuka ini pula jajaran Kornas PWI-Reformasi, menyampikan bahwa menggalang terus advokasi di bawah koordinasi Dhaniswara K. Harjono, Ketua Kompartemen Advokasi, untuk mengikuti perkembangan kasus-kasus ini, agar tidak dibiarkan berlalu begitu saja. Seharusnya ada tindakan nyata dari pihak TNI dan Polri.
Perlu pula kami sampaikan, jika ada kesalahan yang dilakukan oknum jurnalis, sangat kami pahami bahwa kedua lembaga, baik TNI dan apalagi Polri, sangat paham mekanisme undang-undang yang mengatur setiap tindak dan laku serta output liputan wartawan.
Demikian surat terbuka ini kami sampaikan. Semoga mendapatkan respon positif oleh Panglima TNI dan Kapolri.

Terima kasih.

Jakarta, 22 Maret 2008
Atas nama segenap Jajaran KORNAS PWI-Reformasi

Iwan Piliang
Ketua Umum
Mobile: 08158800009

1 komentar:

  1. Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Plotter, I hope you enjoy. The address is http://plotter-brasil.blogspot.com. A hug.

    BalasHapus