|Gangguan KAMSELTIBCAR LALU LINTAS hubungi Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Gmail Bikin Template Surat Balasan

Kamis, 23 Oktober 2008, 12:27 WIB
Indra Darmawan
(gmail blog)

Baru-baru ini Google menambahkan fitur baru bernama Canned Responses, pada layanan surat elektronik Gmail. Fitur baru ini akan sangat membantu, bagi pengguna yang kerap membalas sebuah surat elektronik dengan format yang mirip.

Misalnya saja saat peengguna harus membalas pesan lebaran yang lalu, pasti akan sangat repot untuk membalasnya satu per satu.

Pengguna bisa mengetik salah satu pesan contoh, misalnya berbunyi : “Saya juga mengucapkan Mohon Ma’af Lahir dan Bathin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H,” menyimpannya sebagai Canned Response, lalu menggunakannya kembali sampai berkali-kali.

Fitur Canned Responses dari Gmail

Tapi, untuk bisa melakukan hal itu, terlebih dahulu pengguna harus mengaktifkan fitur Canned Responses melalui penyetelan khusus. Caranya yaitu dengan mengeklik tombol Settings, lalu pergi ke Labs. Di sana cari Canned Response, lalu klik pada Enable, dan Save Settings.

Setelah itu, Anda bisa mempersiapkan pesan balasan surat elektronik yang akan dikirimkan, lalu menuju Canned Responses dan menekan tombol save. Kemudian, Anda dapat kembali menggunakan format tersebut surat tersebut untuk membalas surat elektronik lain yang sejenis, dengan membukanya di Canned Responses.

Kini jari Anda tak perlu lagi pegal mengetik surat yang sama, hingga berkali-kali.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar