|Gangguan KAMSELTIBCAR LALU LINTAS hubungi Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Pendidikan - Industri harus saling melengkapi

Minggu, 2008 Oktober 26

Industri Grafika Nasional ini memang unik, saya tidak pernah berhasil menganalisa:
  • kompetensi apa saja yang dibutuhkan agar seorang dapat link & match dengan percetakan?
  • percetakan manakah yang membutuhkan SDM setingkat lulusan SMK dan D3, andaikata butuh berapakah yang dibutuhkan?

Tapi yang saya tahu pasti:
  • institut pendidikan nasional belum dapat menalarkan semua kompetensi dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh industri, demikian juga mungkin jumlahnya pun masih belum memadai.
  • percetakan belum / tidak tahu informasi tentang SMK Grafika di Indonesia maupun Akademi / Politeknik Jurusan Grafika, baik kualitas materi pengajaran maupun kuantitas SDM yang dapat ditelorkan setiap tahunnya.
Padahal Industri Nasional tidak pernah akan kokoh tanpa ada SDM yang handal serta pusat-pusat pelatihan dan riset penelitian yang nantinya dapat menelorkan standar-standar industri yang memiliki kompatibilitas dengan standar internasional.
Khususnya Industri Grafika, strata perusahaan yang ada di Indonesia ini sangat variatif serta banyaknya kepentingan-kepentingan pribadi maupun kelompok, membuat komunikasi pun sulit dirajut dengan sempurna.

Forum FGD yang mulai menjalin kerjasamanya dengan Politeknik Negeri Jakarta dan Politeknik Negeri Media Kreatif dengan memberikan program-program yang seyogyanya dapat menjembatani komunikasi ini, selain pengetahuan / ilmu yang spesifik juga lapangan tempat untuk penelitian dalam pembuatan Tugas Akhir mahasiswa yang dapat menambah wawasan mahasiswa, yang pada akhirnya kebutuhan SDM handal dapat terpenuhi.

Melalui milist saya ingin mensosialisasikan program ini, semoga teman-teman pengusaha, pemegang keputusan dalam industri grafika dapat berkenan memberikan sumbangan pemikiran, waktu serta menyediakan peluang bagi anak didik kita.
Ayo dukung program ini, tulislah komentar, kritik dan saran. Tulislah bidang dan kapan teman-teman mempunyai waktu senggang untuk dapat melaksakan tugas mulia ini.

Salam Grafika.....

1 komentar:

Karana Krisna Mukti mengatakan...

Salam Grafika,

Terima kasih pak, atas responsifnya tentang keadaan aktual yg terjadi antara dunia pendidikan dan industri grafika saat ini.

Dalam semangat sumpah pemuda yg ke 80 tahun ini.. boleh 'kan pak, saya melakukan upaya persuasif kepada para pendidik, pengusaha ataupun para pemegang keputusan dalam industri grafika.

"Ayo ! Jadilah bagian dari para pioneer.. Demi upaya ikut mencerdaskan generasi muda penerus masyarakat grafika di Indonesia."

2 komentar: