Jakarta Tanggap COVID-19

Data Pemantauan COVID-19 Nasional dan DKI Jakarta

21 Januari 2020 sampai hari ini

30 Juli, FGDForum Siap Gelar FGDexpo2009




“FGDexpo2009 akan menjadi eksibisi industri grafika terbesar di Asia Tenggara yang menyuguhkan pengalaman industri kreatif”

Jakarta, 16 Juli 2009 – Melanjuti kesuksesan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, FGDForum akan kembali menggelar FGDexpo yang ke-4 pada 30 Juli – 2 Agustus 2009 di Jakarta Convention Center. Eksibisi yang diadakan setiap dua tahun sekali ini merupakan ajang industri grafika terbesar di Asia Tenggara yang memamerkan teknologi, produk dan jasa 3 (tiga) pilar industri grafika meliputi industri kemasan, percetakan dan penerbitan. Dengan mengusung tema “Experiencing Creative Industry”, FGDexpo2009 diyakini akan membuka lebar peluang usaha industri kreatif di Indonesia.

“Sejak awal FGDexpo diselenggarakan untuk memamerkan produk serta jasa industri grafika nasional. FGDexpo diadakan setiap 2 tahun, dan selalu menampilkan teknologi dan tren terkini agar industri grafika semakin populer di tengah masyarakat, baik para praktisi industri grafika maupun masyarakat umum. Kami berharap eksibisi industri grafika ini mampu memberi nilai tambah dan berdampak positif bagi perkembangan industri kreatif di Indonesia”, jelas Andi S. Boediman, Ketua FGDexpo2009 yang juga merupakan tokoh creativepreneurship Indonesia.

FGDexpo2009 yang akan berlangsung selama 4 (empat) hari ini akan memfokuskan eksibisi atas tiga sektor industri; kemasan, percetakan & promosi, dan penerbitan.
• Kemasan (Packaging)
Sektor ini merupakan industri yang berhubungan dengan kemasan produk. Kemasan sebuah produk memainkan peranan yang penting dalam pemasaran produk, dimana akan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan saat membeli produk. Kegiatan pada FGDexpo2009 yang menyangkut isu kemasan antara lain adalah eksibisi perusahaan yang bergerak di bidang kemasan beserta portofolionya dan lomba desain kemasan untuk membantu perkembangan UKM yang diselenggarakan oleh AIESEC.
• Promosi (Promotion)
Bertambah canggihnya teknologi dunia membuat konsumen Indonesia terbuka dan memiliki media komunikasi alternatif yang lebih beragam, tidak lagi terpaku pada media tradisional seperti koran dan majalah, radio maupun TV. Hal ini membuat potensi media non-tradisional terbuka semakin lebar, khususnya media digital. Selain promosi, percetakan (printing) juga akan dibahas tuntas mengingat di Indonesia industri percetakan, khususnya percetakan konvensional (offset) memiliki pasar yang sangat besar dengan tingginya kebutuhan materi cetak bagi promosi produk-produk yang akan dipasarkan.
• Penerbitan (Publishing)
Penerbitan merupakan sektor industri kreatif yang menjadi titik ujung dari proses pemasaran dalam mendistribusikan produk kepada masyarakat, dan memiliki potensi pasar yang sangat baik untuk berkembang. Kemajuan teknologi digital printing memberikan kesempatan kepada para penulis untuk tidak hanya menjadi lebih kreatif sebagai penulis dengan memanfaatkan beragam kemajuan teknologi yang ada, tetapi juga memberikan kesempatan dan peluang baru kepada mereka untuk berkembang menjadi pelaku penerbitan.


Kegiatan & Program pada FGDexpo2009
Selain menampilkan eksibisi industri kemasan, promosi dan penerbitan, FGDexpo2009 juga akan menggelar berbagai kegiatan yang akan memperluas wawasan dan memberi nilai tambah bagi peserta dan pengunjung pameran. FGDexpo2009 akan menghadirkan para pakar dan komunitas industri kreatif, yang siap berbagi dalam sesi ‘pengalaman belajar yang menyenangkan’, seperti;
• Indonesia Design Celebration 2009
Konperensi desain yang dimotori oleh ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) mengusung tema “100% Indonesia Hebat” yang menghadirkan 24 pakar industri kreatif sebagai pembicara.
• Konperensi Bubu Award V.06
Membahas strategi pemasaran melalui kampanye digital bagi pasar Indonesia. Konperensi ini akan menghadirkan Crispin Porter + Bogusky, dan Direktur Pemasaran Yahoo! Bennet Porter*.
• Klenikgrafika
Dengan mengangkat isu tematik “All about Lithography Printing”, akan diulas tuntas 3 materi utama dalam dunia cetak offset Lithography mulai dari pre press sampai dengan press beserta mitos-mitosnya.
• Seminar Grafika dan Cetak
Forum berbagi tentang pemahaman perilaku pelaku usaha dalam pengembangan strategi pengembangan bisnis grafika dan cetak di Indonesia, termasuk semua hal terkait mengenai Flexographic Printing, studi kasus warna & Trouble shooting dalam pencapaian warna yang sesuai dengan kualitas cetak yang baik.
• Grafika Politika
Dimotori oleh FDGI, acara ini menampilkan pameran poster raksasa “Cinta Indonesia” karya 64 desainer grafis Indonesia, lomba kritik poster untuk mahasiswa, acara membatik grafis bersama, sharing singkat inspiratif, talkshow motivasional, dan workshop eksperimental.
• Kegiatan, pameran Komunitas & Creative Media Week
Menghadirkan ekspresi komunitas kreatif di Indonesia seperti Ins.ide, Fresh, AIESEC, TEDxJakarta, Common Room, komunitas fotografi, dan lainnya. Rangkaian perpaduan pecandu komunitas kreatif ini digelar di panggung utama dan ruangan workshop Cendrawasih.

“Kami optimis FGDexpo2009 akan menjadi sebuah kesempatan berharga bagi pelaku usaha yang membutuhkan informasi mengenai pemasok, tempat yang ideal untuk membangun jejaring, serta tempat yang aspiratif untuk mempelajari inovasi dan teknologi seni grafika. Ekspo ini wajib dikunjungi untuk dapat memahami perkembangan industri kreatif di Indonesia,” tambah Andi lebih lanjut.

Maskot FGDexpo2009 - Packy, Printy, Publy
Untuk memudahkan khalayak memahami isu-isu seputar ketiga industri ini, FGDexpo2009 menciptakan 3 maskot yang mewakili 3 pilar utama eksibisi, yakni Packy (mewakili industri kemasan / packaging), Printy (mewakili industri percetakan dan promosi / printing and promotion) dan Publy (mewakili industri Penerbitan / Publishing). Ketiga maskot tersebut adalah brand ambassador yang hadir pada setiap kampanye promosi dan sosialisasi FGDexpo2009, termasuk kampanye digital seperti email blast , facebook, dll.

---selesai---

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:
Adriean Eka Prasetyo
Public Relations Officer
FGDexpo2009 / Dyandra Promosindo
Tel: (021) 3199 6077 ext. 260 / 0856 9149 5131 (mobile)
Faks: (021) 3199 6277
Email: adriean@dyandra.com

Seminar COOL & FAMOUS? Be a Creativepreneur




Jangan lewatkan creative seminar COOL & FAMOUS? Be a Creativeprenuer.

Creative seminar yang diadakan pada tanggal 25 Juli 2009 bertempat di IDS | International Design School, terbagi dalam dua
tema seminar yang membahas tentang:

Tema I : Menjadikan Kreatifitas Sebagai Pilihan Bisnis, pkl.10.00 – 12.00.
Bagaimana suatu proses kreasi yang tercetus dari ide pemikiran yang direalisasikan mampu memberikan suatu nilai jual yang mampu
menciptakan usaha sendiri dibidang kreatif.

Pembicara:
Ariela Kristantina (Senior Comic Artist dan Ilustrator Seven Blue Artline Studio) yang baru menggelar pameran tunggal komik dengan
tajuk "The Trails of The Midnight Bunny" juga telah mengerjakan berbagai project produk-produk ternama seperti: Panasonic, XL, Sampoerna
Hijau, Telkomsel, dan lainnya.

Tema II: Proses Kreatif Dibalik Iklan TV (TVC), pkl.13.00 – 15.00.
Variasi iklan di televisi yang makin beragam, mengharuskan penciptaan ide akan kreativitas dalam pembuatan suatu iklan menjadi suatu
tontonan promosi menarik menjadi tantangan tersendiri dalam proses pengerjaannya.

Pembicara:
Rully C. Rochadi (Managing Director, Graphic Images) yang telah berkecimpung dalam dunia Computer Graphics selama 15 tahun.
Telah banyak terlibat dalam pembuatan Opening ID beberapa stasion TV di jakarta juga daerah serta berkecimpung di industri Post
Production sejak 1994. pengalaman bekerja di beberapa post house papan atas seperti Video Headquarters (VHQ), The Post Office dan Mocca.

Harga tiket per tema : Pelajar / Mahasiswa Rp. 50.000
Umum Rp.75.000

Manfaatkan kesempatan PAKET HARGA TIKET!!!
Pelajar / Mahasiswa Rp.75.000 ( Tema I & II )
Umum Rp.100.000 ( Tema I & II )

JANGAN LEWATKAN CREATIVE SEMINAR INI SEBAGAI SUMBER INSPIRASI “HOW TO BE A CREATIVEPRENEUR”. TEMPAT TERBATAS, SEGERA DAFTAR!.

Info: 021-2701518