|Gangguan KAMSELTIBCAR LALU LINTAS hubungi Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Indofair 2010: Suriname Berharap Produk Teknologi Indonesia

Paramaribo,- 
Indofair 2010, merupakan festival budaya dan seni Indonesia serta pameran dagang produk Indonesia yang diselenggarakan di Ibukota Suriname, Paramaribo. Indofair 2010 dibuka Sekjen Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI, Wardiyatmo, berlangsung dari 24 September hingga 2 Oktober 2010.

Bob Saridin, Pemilik Sri Abadi Trading, importir berbagai produk dari Indonesia, menyayangkan pengusaha asal Indonesia yang hanya berminat memasarkan produk-produk yang sudah menguasai pasar Suriname seperti batik, kerajinan, mebel. Sementara pada kenyataannya, pengusaha Suriname sendiri telah menggeluti impor komoditas tersebut. 

"Akibatnya, apa yang dilakukan pengusaha Indonesia dengan memasukkan produk-produk itu, justru menjadi saingan pelaku usaha lokal." Ujar penggagas Indofair ini.

Ia berharap, ke depan pengusaha Indonesia menfokuskan pada pemasaranan produk-produk teknologinya ke Suriname, yang mana saat ini masih dikuasai oleh Amerika dan Eropa.

Harapan Bob Sakrie Saridin, Pengusaha Suriname yang kakek moyangnya berasal dari Jawa Timur ini, mengungkapkan bahwa saat ini produk-produk Indonesia yang sudah masuk ke negara tersebut antara lain mebel, aneka kerajinan, garmen dan pakaian, makanan maupun farmasi.

"Kita mengharapkan produk-produk teknologi juga masuk pasar Suriname seperti alat-alat pertanian, barang-barang elektronika atau fotografi dan komputer." Kata Bob Saridin.

Menurut Bob, kawasan Karibia dengan 6 negara utama dan Suriname sebagai pintu gerbangnya. Karena itu, tantangan bagi  produk-produk teknologi Indonesia untuk masuk kawasan Karibia, mulai dari Suriname. Dan Indofair, adalah salah satu sarana untuk melakukan promosi untuk meningkatkan hubungan dagang.

"Kalau tidak investasi dari sekarang maka tidak akan kompetitif lagi. Indonesia harus lebih agresif memasarkan produk teknolginya ke sini." Kata Bob yang berharap Indofair 2010 akan mengalami kenaikan transaksi sekitar 10 persen dibandingkan Indofair tahun lalu yang mencapai 30.000 dolar AS per hari.

Menurut Bob Saridin, Indofair yang antara lain berupa pameran produk-produk Indonesia itu merupakan kegiatan tahunan, yang mana tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke 10 kalinya dan peserta menyatakan puas mengikuti ajang ini.

Indofair pertama kali digelar pada tahun 2001 dengan peserta hanya 5 badan usaha lokal. Seiring perjalanan waktu, Indofair terus mengalami peningkatan, seperti tahun ini, Indofair 2010 diikuti 33 peserta, termasuk warung dan 65 stand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar