|Gangguan KAMSELTIBCAR LALU LINTAS hubungi Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Surat Terbuka atas Tewasnya Petani oleh Keamanan PT WKS-Sinar Mas Group

(Respon atas tewasnya petani di Jambi dalam konflik agraria antara Warga dengan PT. WKS di Desa Senyerang, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi)

Senin tanggal 08 November 2010, petani kembali menjadi korban dalam konflik agraria dengan PT Wira Karya Sakti (WKS) – anak perusahaan Sinar Mas Group. Dua orang petani Desa Senyerang, Tanjung Jabung Barat, Jambi ditembak pada saat melakukan aksi untuk merebut kembali hak atas tanahnya seluas 7.224 ha yang telah dirampas oleh PT. WKS. Seorang petani yang bernama Ahmad (45 tahun) tewas di tempat dengan luka tembak di bagian kepala, sementara satu orang lainnya mengalami luka tembak di bagian paha.

Peristiwa penembakan ini dipicu oleh tindakan PT. WKS yang membawa aparat keamanan (Brimob dan security perusahaan) dan berusaha membubarkan secara paksa aksi massa para petani yang pada saat kejadian menggunakan kapal pompong (kapal gethek). Pada jam 13.30 (waktu setempat) aparat kepolisian menembak para petani dengan membabi buta dari atas Kapal yang mereka naiki, tanpa diawali tembakan peringatan terlebih dahulu.

Aksi ribuan petani yang tergabung dalam Persatuan Petani Jambi (PPJ), yang dilakukan dengan cara melarang Kapal Perusahaan PT. WKS untuk melintasi Sungai Pengabuan ini disebabkan hingga saat ini tidak ada itikad baik dari pihak perusahaan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Petani menuntut perusahaan untuk mengembalikan tanah yang telah direbut oleh PT. WKS, namun pihak perusahaan tidak pernah merespon tuntutan petani. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, dengan ini kami menyatakan sikap:

1. Mengutuk keras tindakan brutal dan represiv aparat kepolisian (Brimob Polda Jambi) atas penembakan yang menewaskan Anggota PPJ;

2. Menuntut ditegakkannya hukum dengan menindak pelaku penembakan terhadap Anggota PPJ;
3. Segera cabut izin PT. WKS dari Provinsi Jambi; 
4. Menuntut kepada Metri Kehutanan RI untuk segera mengembalikan tanah petani yang telah dirampas PT. WKS; dan
5. Segera hentikan segala bentuk kekerasan terhadap petani.

Demikian surat terbuka ini disampaikan kepada semua pihak yang terkait untuk menjadi perhatian bersama. Terima kasih.



Hormat kami,



Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Aliansi Petani Indonesia (API), Serikat Petani Indonesia (SPI), Indonesian Human Rights Committee for Social Justice (IHCS), Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KONTRAS)


Kasus ini akan dilaporkan ke Mabes Polri hari ini (9/10) pada pkl. 09.00 WIB dan Komnas HAM pada pkl 12.00 WIB utk mendesak pihak terkait segera melakukan pemeriksaan & penyelidikan yg menyeluruh thd operasi pengamanan & insiden penembakan tsb termasuk pertanggungjawaban penggunaan senjata api & peluru dalam peristiwa tersebut.

***
Dipersilakan bagi pihak PT WKS-Simas Group untuk menerbitkan jawaban atas surat terbuka diatas, melalui blog ini. 
Hubungi 081585792280 atau email: mahar.prastowo@gmail.com

31 komentar:

  1. Couldnt agree more with that, very attractive article

    BalasHapus
  2. Keterlaluan..! Kasus ini harus di usut tuntas,dan harus di publikasikan. Saya berharap media seluruh indonesia memberitakan seluruh kekejaman PT.WKS jambi(israel baru)

    BalasHapus
  3. Dasar wks fir'aun,wks penjajah rakyat jambi. Mudah2an wks dan sekutunya di azab dan di laknat allah..
    Mari kita mendoakan pahlawan kita yg telah gugur melawan penjajah(wks israel baru) allahuakbar..

    BalasHapus
  4. PT.WKS bertindak seperti yahudi.. Hukum di jambi pun sudah mati, pemerintah jambi tidak pernah memikirkan nasib para petani jambi.. Semoga pemerintahan ini di azab allah, karna sudah membela PT.WKS. Semoga PT.WKS dan sekutunya di porak porandakan oleh allah.. Amin

    BalasHapus
  5. Inalillahi wa inna ilaihi roji'un.. Telah berpulang pahlawan jambi,ahmad adam, yg gugur dalam melawan kezaliman penjajah(WKS) Selamat jalan para syuhada yg berperang di jalan allah.. Dalam melawan penjajah baru(WKS) semoga arwah para pejuang di terima di sisi allah.S.W.T.. Amin..

    BalasHapus
  6. Pemerintah jambi terkesan seperti membiarkan pembunuhan terhadap para petani.. Saya harap para oknum yang menembak petani, di kekal abadi kan di dalam neraka jahanam..

    BalasHapus
  7. WKS biadap..! WKS laknatullah..!!!

    BalasHapus
  8. Oknum sudah sangat keterlaluan.. Semoga allah membalaskan sakit hati para petani jambi kepada pt.wks dan oknum yang seenaknya menembaki petani..

    BalasHapus
  9. Usir saja pt.wks dari jambi..

    BalasHapus
  10. Kami sebagai rakyat jambi, sangat mendukung kasus ini, agar di bawa/di laporkan ke mabes polri dan komnas ham. Dan di publikasikan di seluruh televisi indonesia,agar seluruh masyarakat indonesia, melihat betapa tertindas nya rakyat kecil/miskin. Sungguh saya sangat sedih melihat saudara2 kami. Mudah2an kami berharap ada keadilan di tanah tercinta ini(INDONESIA)

    BalasHapus
  11. Laporkan saja perbuatan pt.wks ke pemerintah pusat, karena pemerintah di jambi sudah di kendalikan oleh pt.wks..

    BalasHapus
  12. Hukum sudah mati, bentar lagi azab akan datang untuk pemerintah jambi, pt.wks, dan oknum2 yang menyalahgunakan kekuasaan/jabatan.. Sudah tidak ada lagi yang mempunyai hati nurani. Masyarakat tidak bisa mengadu kemana-mana lagi kecuali kepada allah..

    BalasHapus
  13. Mudah2an pt.wks di azab allah.. Dan di kekal abadi kan di dalam api neraka jahanam.. Amin..

    BalasHapus
  14. "3000 Keluarga Petani di Kelurahan Senyerang akan melakukan kembali blokade Sungai Pengabuan, jika lahan petani seluas 7.224 Ha yang dirampas PT Wira Karya Sakti (Sinar Mas) tidak terpenuhi dalam perundingan di Kantor Gubernur Jambi pada hari Senin tanggal 16 November 2010 nanti". Demikian ungkap juru bicara petani Senyerang (Hatta) saat mengakhiri dialog dengan Asisten II Gubernur Jambi dan rombongan ketika berkunjung ke Senyerang kemarin, Sabtu (13/11/2010).

    Menurut Pak Sugeng; "Kami menduga, bahwa pertemuan di Kantor Gubernur nanti adalah upaya Pemerintah untuk memenangkan kehendak PT WKS dan, besar kemungkinan akan diarahkan untuk membahas korban penembakan kemarin. Walau demikian, kami akan tetap melakukan perundingan dengan pihak Pemerintah Provinsi, karena kami tidak mau dianggap warga yang tidak menerima itikad baik dari Pemerintah.

    "Sebenarnya, perundingan telah berkali-kali dilakukan, tapi tak pernah ditindaklanjuti sesuai dengan keinginan kami. Justru yang lebih diperhatikan adalah alasan-alasan dan keinginan-keinginan PT WKS. Mungkin karena tuntutan kami dianggap tidak memberikan keuntungan pribadi bagi mereka", tambahnya.

    Menurut Asisten II Gubernur Jambi (Hafizh), kunjungan kami ke Senyerang bertujuan untuk ikut berbelasungkawa dan memberikan sedikit santunan pada keluarga korban penembakan yang menyebabkan meninggalnya Pak Adam pada tanggal 8 November 2010 lalu. Sekaligus ingin menyampaikan undangan khusus dari Bapak Gubernur terhadap lahan yang dipersoalkan warga Senyerang. Kami akan berusaha mencari solusi dan jalan keluar terbaik dalam pertemuan tersebut, ungkapnya.

    Pada hari ini juga, warga meminta Asisten II Gubernur Jambi meresmikan sebuah jalan utama di Kelurahan Senyerang, dari Jalan Harapan menjadi Jalan Ahmad Adam. Penggantian nama jalan ini merupakan penghormatan warga terhadap jasa-jasa dan keberanian almarhum dalam memperjuangkan hak-hak petani yang dirampas PT WKS.

    Menurut warga, semasa hidupnya, almarhum adalah pribadi yang baik dan lues dalam bergaul. Hingga disenangi banyak orang. Tak hanya dikalangan orang tua, juga dikalangan remaja. Selama hampir 2 pekan ini, bendera setengah tiang masih tertancap kokoh di halaman rumah di hampir semua rumah warga. Seolah-olah berpesan; "Selamat jalan pahlawan, semoga engkau diterima dan mendapatkan tempat yang layak disisi-Nya. Pengorbananmu, merupakan semangat bagi kami".

    M. Mubarok)

    BalasHapus
  15. Tampaknya oknum2 pejabat pemda jambi sudah tunduk pada wks.. Saya berharap masih ada pejabat yg masih berjalan pada jalan allah.. Yaitu jalan kebenaran bukan jalan kezaliman.. Ingatlah..! Sungguh azab allah sangat pedih.. Cepat atau lambat mereka akan merasakan bara api neraka jahanam..!! Allahuakbar..(Pasukan langit)

    BalasHapus
  16. Saya yakin jika pahlawan jambi Rangkayo hitam masih hidup, dia pasti akan memerangi/menumpas kezaliman yg menimpa rakyat jambi. kami selalu menunggu hadirnya rangkayo hitam baru di jambi untuk memerangi kekejaman wks dan sekutu2 nya, karna hukum kita sudah menganut hukum rimba,siapa yg kuat dan banyak uang,dia yg menang. sungguh ironis sekali nasib petani2/rakyat kecil jambi... Karna kita tidak punya pemimpin.. Yg bisa menegakan keadilan dan kejujuran. Apakah mereka(wks dan sekutunya)kebal hukum/tak tersentuh hukum??? Atau hukum sudah bisa di beli?? Jika sudah seperti itu maka tunggulah kehancuran karna ada satu hukum yg tidak bisa di perjual belikan yaitu hukum ALLAH S.W.T hukum yg paling adil se adil2 nya.. Allahuakbar..!! '-MUHAMMAD AL-FATIH

    BalasHapus
  17. WKS anjing..! Wks babi..!

    BalasHapus
  18. PT.WKS terkutuk, mudah2an PT.WKS hancur.. Karena mereka telah memakan hak rakyat.. Makanlah harta kau yang haram itu, harta yang di dapat dari jalan menganiaya petani kecil..

    BalasHapus
  19. Sepertinya para pemerintah di jambi sudah tidak punya otak lagi, karna sebagian besar para pejabat dan oknum di jambi sudah tunduk sama PT.WKS alias sudah menjadi babu PT.WKS.. Sehingga tidak mau membela para petani yang jelas2 hak nya sudah di rampas oleh PT.WKS. Sungguh kejam pemerintahan jambi ini, apa yang terjadi di pemerintahan ini??, mengapa tidak sedikit pun punya hati nurani?.. Mengapa tidak ada keadilan lagi di negeri ini?.. Mudah2an allah akan menghancurkan para oknum/pejabat yang berpihak pada PT.WKS..

    BalasHapus
  20. Koq mau ya PT.WKS makan duit haram??, padahal kan anak dan istri mereka makan juga duit yang di hasilkan dari harta yang haram. Oh sungguh malang nasib anak2,dan istri2 pemilik PT.WKS.. Pasti keluarga mereka akan hancur karna sering makan harta yang haram.. Mendingan jadi pelacur/germo dari pada harus memakan hak orang lain.. Sungguh kasihan nasib keluarga PT.WKS, dapat dunia tapi nggak dapat akhirat, karna mereka akan menjadi penebus orang2 yang mereka rampas hak nya.. (Romlah)

    BalasHapus
  21. Pt.wks dan sekutunya akan segera hancur, karena keangkuhan mereka,dan mereka akan di kutuk oleh tuhan yang maha esa, dan mereka hanya akan menjadi pecundang selamanya, semua izin yang mereka peroleh berdasarkan uang bukan peraturan yang ada, mereka itu perusahaan yang terkutuk dan mereka itu binatang. -felix sibolang

    BalasHapus
  22. PT.WKS memang sudah keterlaluan, orang2 yang tidak bersalah pun di penjarakan, demi memuaskan nafsu setan mereka.. Saat ini pemda jambi tidak berhasil menyelesaikan masalah antara petani dan PT.WKS. Dikarenakan pemda jambi sudah di dalam genggaman mereka.. Para pejabat pemda jambi pun sujud dan menyembah pada PT.WKS.. Liat saja pemda jambi lebih takut dengan PT.WKS daripada dengan tuhan..

    BalasHapus
  23. Ay.. Percuma bae kito nangis darah pun dak di dengar samo pemerintah jambi.. Dak peduli lagi samo kito orang jambi iko macam sampah be kito ko di buatnyo kacuklah.. Kalo pemerintah peduli.. Nonok tebal bae kentot.. Asik ngayoin diri masing2 be lagi enak lah kito ngentot di pucuk bae dari pado ngadu ke pemda jambi kontol beraek nunggu masalah iko selesai.. FRom:burhan

    BalasHapus
  24. Pemda jambi neraka jahanam. Inilah yang di namakan pemerintahan yahudi. Janji-janji pemda jambi palsu, berat sebelah, lebih memihak kepada PT.WKS yang jelas2 mencaplok semua lahan petani di seluruh jambi.. Hidup petani, mati PT.WKS bangsat!!

    BalasHapus
  25. WKS(Wataknya kayak setan) hahaha... FUCK..!!!!!

    BalasHapus
  26. Wahai.. PT.WKS dan sekutu, sesungguhnya kekayaan yg kalian rampas dari rakyat kecil,akan menjadi boomerang yg akan menghancurkan diri kalian sendiri. Camkanlah kata2 ku ini, karna ini telah terbukti sejak zaman nabi ADAM. Lihat saja..! cepat atau lambat itu pasti terjadi. Tertawalah kalian sesaat dan kalian akan menyesal dan menangisi ini untuk selamanya..!!!!

    BalasHapus
  27. PT.WIRA KARYA SAKTI TERKUTUK

    BalasHapus
  28. PT.WKS sebaiknya hengkang dari jambi.

    BalasHapus
  29. Saya sudah tidak heran lagi, kalau pt.wks itu perampas tanah masyarakat. Dan mereka akan terus melakukan nya selama pemda jambi selalu melindungi mereka (pt.wks)

    BalasHapus
  30. Mudah2an allah menghancurkan PT.WKS karna kesombongan nya.. Ya allah hancurkan lah PT.WKS serta para pengikutnya.. AMIN..

    BalasHapus