|Gangguan KAMSELTIBCAR LALU LINTAS hubungi Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Makanan Indonesia vs Makanan Luarnegeri


Soal makanan Indonesia atau Kuliner Nusantara, dalam kamus saya hanya ada enak, sangat enak, dan enak banget. Mari kita bandingkan Makanan Indonesia dengan makanan luar negeri.

Dangke vs Keju

Kalo Eropa punya keju, Indonesia punya Dangke. 
Dangke, makanan ciri khas Enrekang, Sulawesi Selatan, keju lokal berbahan baku susu kerbau maupun sapi yang dibekukan. Dangke bisa langsung dimakan, digoreng, atau dipanggang. Rasanya gurih dan memiliki aroma menyerupai keju parmesan.

Chocodot vs Coklat Swiss

Swiss terkenal akan Coklat Swiss-nya, dan Garut  (Swiss van Java) memiliki dodol yang dalam perkembangannya kini menjadi Chocodot, Cokelat isi Dodol Garut, pernah menjuarai kompetisi makanan internasional di Milan, Italia.

Dadiah vs Yogurt

Dadiah, Yoghurt Tradisional minangkabau terbuat dari hasil fermentasi susu kerbau, difermentasi dalam wadah bambu yang ditutup dengan daun pisang yang telah dilayukan di atas api. Rasanya sangat enak dan khas. Dadiah enak dimakan dengan emping, maupun dimakan pakai nasi.

Roti gambang vs Roti Barat

Roti gambang atau kue gambang berasal dari Pulau Jawa, banyak terdapat di Jakarta (Betawi), roti tradisional berbahan dasar tepung terigu dan gula merah.

Mie Sagu vs Mie gandum

Mie Sagu berasal dari daerah penghasil sagu seperti Maluku, Irian Jaya (Papua), dan Riau. Mi sagu juga makanan khas melayu Selatpanjang. Lebih kenyal dari mie-mie dengan bahan terigu/gandum. Nikmat disajikan pedas dan panas, mengkonsumsi mie sagu juga tak perlu kuatir memicu autism dan efek syaraf lainnya pada anak seperti diakibatkan oleh mie terigu/gandum.

Lemper vs Sushi

Lemper, khas Indonesia, berbahan ketan dan berisi ayam, abon atau daging dibungkus daun pisang. Mirip sushi bukan? Hanya saja lemper ayam lebih enak ketimbang sushi. Meski di Jepang sendiri juga punya sejenis lemper (saya lupa namanya, nanti saya tanya Jun Sekiguchi).

Gado-gado vs Salad

Gado-gado mungkin sejenis salad ya? Aseli Indonesia khususnya betawi dan banyak disukai masyarakat luas. Gado-gado terdiri dari sayur-sayuran direbus dan dicampur jadi satu dengan bumbu atau saus kacang. Gado-Gado menawarkan cita rasa yang tidak kalah segar dengan salad ala barat. Tapi maaf kalau kali ini saya lebih suka memilih Salad, karena lebih ramah dengan pencernaan saya.

Kerak Telor vs Pizza

Kerak Telor mungkin adalah Pizza-nya orang Betawi :) yang dibuat dari beras ketan dan telur bebek/telur ayam lalu diberi tambahan bumbu (topping) di atasnya. Biasanya kerak telor diberi ebi (udang kering). Ini juga bukan pilihan saya, tapi akan saya pertimbangkan jika toppingnya lebih variatif sehingga bisa memilih rasa kesukaan.

Jadah Tempe vs Roti burger

Jadah Tempe Bacem dapat ditemukan di Yogyakarta, hm, nampak mirip burger ya, cuma rotinya diganti jadah dan daging burgernya diganti dengan tempe bacem. Tak heran kalau ada yang menyebutnya burger Jawa. Gurihnya jadah dan manisnya tempe bacem akan membuat lidah anda merindukan Yogya. Anda juga dapat mencoba membuat sendiri dengan menambah sayuran dan saus.

Kerupuk vs Snack

Kerupuk bisa jadi cemilan maupun teman makan. Disukai segala lapisan kecuali yang bermasalah dengan lidah. Bahkan dalam keseharian Presiden Soeharto, sangat dekat dengan kerupuk termasuk ketika menyajikan jamuan makan bagi tamu negara. Kerupuk umumnya terbuat dari tepung tapioka dengan ditambah rasa seperti rasa udang atau ikan. Kerupuk rasa ikan patin asal Sumatera Utara (Kampar dan sekitarnya) dalam beberapa tahun ini juga diminati di berbagai negara.

Sate vs Barbeque

Sate adalah daging panggang bumbu kecap atau kacang. Daging ditusuk untuk memudahkan ketika memanggang maupun ketika menyantap. Disarankan bagi yang suka makan sate untuk melengkapi diri dengan timun sebagai pencuci mulut untuk menetralisir CO2 akibat proses pembakaran/pemanggangan. Dalam sebuah acara di China tahun lalu, warung Indonesia yang menyediakan sate berhasil menjual 600.000 porsi disamping 300.000 porsi nasi goreng.

Serabi vs Pancake

Serabi yang merupakan makanan tradisional di Pulau Jawa ini mirip pancake,terbuat dari tepung beras, tepung terigu, atau campuran keduanya dan santan. Kini banyak yang dimodifikasi dengan diberi topping keju, oncom, pisang, sosis, telor menyesuaikan selera pembeli.

Rendang vs Beef Steak

Rendang adalah salah satu makanan khas sumatra barat. Rendang merupakan masakan daging berkuah santan kental, berasa gurih dan pedas. Rendang semakin sering dimasak ulang maka rasa rendang akan semakin enak. Rasa rendang enggak kalah dengan steak ala barat.

Kripik singkong vs Potato Chips

Kripik singkong (cassava Chips), The Indonesian version of potato chips, boleh juga disebut criping.   Lebih enak disajikan dengan bumbu, bisa manis, pedas, asin.

Kue cincin vs Donat

Ini bukan kondom ya, tapi kue cincin, terbuat dari tepung ketan, tepung beras, kelapa parut dan gula merah, mirip donat, hanya saja rasanya lebih enak dari donat, paduan antara ada gurih, manis, dan ... pokoknya enak meskipun anda memakannya sambil menderita sariawan.

Ayam Kremes vs Fried Chicken

Ayam Goreng Kremes adalah ayam goreng yang disajikan dengan taburan “kremesan” yang rasanya kriuk kriuk, gurih dan lezat, lebih enak dari Fried Chicken ala Amerika. 

Cireng isi vs Croissant

Cireng (aci goreng), jajanan khas Jawa Barat yang kini dibuat dengan berbagai variasi antara lain Cireng Isi Pizza, Cireng Isi Barbeque, Cireng Isi Oncom, Cireng Isi Keju, dan Cireng Isi Kornet Pedas. Rasanya lebih enak dari Croissant yang berasal dari Prancis, coba saja. 

3 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus
  2. terimakasih atas kunjungannya, mengingatkan pada majalah yang pernah kami terbitkan pada tahun 2008 - 2012 silam: Explore Indonesia"

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Explore Indonesia.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Explore Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Explore Indonesia

    BalasHapus