|Gangguan KAMSELTIBCAR LALU LINTAS hubungi Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Sidak TMII, Menteri Puas Kesiapan Hadapi Libur Lebaran


NEWMEDIA-"Saya menghimbau kepada seluruh Gubernur, Walikota, Bupati untuk mengawasi kesiapan tempat-tempat wisata di daerah masing-masing demi keselamatan dan kenyamanan wisatawan saat libur lebaran nanti." ujar Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, dalam inspeksi mendadak (sidak) ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). 
Begitu juga dengan penyelenggara tempat wisata, Jero berpesan agar tidak libur dulu selama 2 minggu libur lebaran. 
 
"Jangan libur kerja dulu, nanti liburnya bergantian setelah masa libur lebaran selesai. Ini adalah saatnya melayani wisatawan domestik, jangan membeda-bedakan dalam pelayanan dengan wisatawan mancanegara," kata Jero.
 
Jero Wacik melakukan inspeksi mendadak terkait kesiapan libur lebaran di TMII jelang sore hari, Senin (22/8), setelah sebelumnya meninjau Taman Margasatwa Ragunan.
 
Di TMII, Jero Wacik berkeliling lokasi TMII dengan naik skylift atau gondola  mengecek kesiapan TMII menyambut pengunjung saat libur lebaran, lalu berlanjt dengan memasuki anjungan Sumatera Barat serta Museum Pusaka.
 
Kepada petugas di lokasi wisata, Menteri juga meminta untuk bersikap tegas dalam memberlakukan aturan agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan ketidaknyamanan lainnya.
 
Sejauh pengamatannya, Jero Wacik merasa puas dengan kesiapan TMII yang juga memiliki tatakelola cukup baik dengan luas lahan 160 ha.
 
"Kesan saya Taman Mini `well manage` atau dikelola dengan baik," kata Menteri Jero Wacik seraya menambahkan bahwa tiket masuk TMII dengan Rp 10.000 saat libur lebaran nanti atau hanya naik Rp 1000 sudah cukup baik dan terjangkau dalam mengakomodir kebutuhan wisata masyarakat.
 
"Saya berharap TMII bisa menjadi contoh bagi pengelolaan obyek wisata yang lain." ujar Menteri.
 
Sementara Manajer Informasi TMII, J. Purnawijaya Alibasa, mengatakan pihaknya telah siap menghadapi lonjakan pengunjung selama libur lebaran tahun ini. 
 
"Kami sudah siap dan telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang ada," katanya.
 
Hal itu diamini Ade F. Meliala, Direktur Operasional TMII, menurutnya, pada tahun lalu lonjakan pengunjung hingga mencapai seratus ribu dalam sehari. Selain masalah pengaturan lalu lintas dan parkir, TMII akan membuka pintu 4. klik laman asli di (GI)

Berita terkait klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar