Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

A+

6/recent/ticker-posts

RW 026 THB Kelurahan Pejuang Wakili Kecamatan Medan Satria Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi


A+ | Kota Bekasi - Kelurahan Pejuang terpilih menjadi salah satu kelurahan yang mewakili kecamatan Medan Satria dalam rangka Lomba Kinerja Kelurahan tahun 2022 yang digelar oleh Pemerintah Kota Bekasi.

Sebagai obyek penilaian lomba adalah RW 026 Perumahan Taman Harapan Baru (THB), Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, kota Bekasi, pada kamis (19/5/2022).

Dalam lomba kinerja kelurahan sekota Bekasi ini melibatkan tiga unsur tim penilai yaitu  Bidang Pemerintahan yang terdiri dari Akademisi Ilmu Pemerintahan selaku koordinator bidang dengan anggota dari Disparbud dan Diskominfostandi; kemudian Bidang Kewilayahan dengan Bapelitbangsa sebagai koordinator dan anggota dari Diskop UKM serta BPBD;  dan Bidang Kemasyarakatan yang melibatkan Dinkes (koordinator), dengan anggota dari Satpol PP, Disdik dan DP3A.



Aspek penilaian dalam hal peninjauan lapangan meliputi Posyandu, Kampung KB, Rumah Sehat, Tanaman Obat, Ruang sekretariat PKK kelurahan, PAUD/Taman Bacaan, Poskamling, tempat UMKM unggulan koperasi berprestasi serta tempat inovasi dan unggulan lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Medan Satria Lia Erliani beserta sekretaris camat dan jajaran staf, Lurah Pejuang H. Isnaini, Bhabinkamtibmas Aiptu Slamet SA, Babinsa Sertu Agus, Ketua FKRW Kecamatan Edy Mulyawan, TP PKK, ketua Tim Penilai beserta jajaran OPD yang terlibat dalam tim penilaian, serta para tokoh masyarakat, LPM, BKM, ketua RW, KWT dan Karang Taruna.



"Pelaksanaan lomba kelurahan ini dimaksudkan untuk mendorong kelurahan bersaing secara sportif dan positif serta meningkatkan motivasi sebagai upaya menerapkan dan mengembangkan inovasi dalam menyelenggarakan urusan kelurahan dengan tujuan untuk mengetahui pencapaian," terang Bima Dana Praja, bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bekasi.

Lanjut Bima, "bahwa kelurahan Pejuang kecamatan Medan Satria mengikuti lomba penilaian ini tentunya sudah melewati tahapan kecamatan. Pedoman dimana adanya lomba ini permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perjuangan desa dan kelurahan."

H. Isnaini, lurah Pejuang berharap agar kelurahan Pejuang menjadi juara dalam penilaian kinerja kelurahan terbaik tingkat Kota Bekasi Tahun 2022.

Dikatakannya,  sebelumnya telah diadakan di tingkat kecamatan. Dari empat kelurahan yang ada di kecamatan Medan Satria yaitu Kelurahan Harapan Mulya, Kali Baru, Medan Satria dan Pejuang sudah dilakukan penilaian, dan dipilih mana yang paling mendukung untuk mewakili dari kecamatan Medan Satria.

"Dan hari ini kegiatan penilaian lomba kinerja, artinya hasil kerja yang dinilai, kenapa kami pilih RW 026, karena RW 026 sudah terbukti yaitu juara kedua terbaik lomba RW Siaga Kota Bekasi," jelas H. Isnaini.



Usai kegiatan penilaian, Prastowo selaku ketua pemenangan menyampaikan persiapan yang dilakukannya. Ia bersama pengurus RW 026 sebelumnya melakukan musyawarah dan menghasilkan keputusan bahwa ia ditunjuk sebagai ketua pemenangan dengan didampingi sekretaris Rudi Ismail dan Tulus selaku Bendahara.

"Setelah itu kami berkordinasi dengan  pengurus lintas RT, pengurus RW, PKK, Posyandu, keamanan, Karang taruna dan satgas," kata Prastowo.

Lanjutnya, "jadi kami berikan yang terbaik karena ini amanah dari kelurahan untuk memberikan yang terbaik. Saya yakin kerjasama  ini kedepan akan semakin baik lagi. Untuk meraih juara satu (jitu) kami lakukan dengan menutup kelemahan-kelemahan yang ada. Jadi semua lini kami maksimalkan supaya mendapatkan hasil terbaik."

Sementara itu Edy Mulyawan, ketua Forum Komunikasi Rukun Warga (FKRW) Kecamatan Medan Satria menaruh harapan besar apa yang dilakukan RW 026 bisa menjadi contoh RW yang lain untuk mengikutinya.

"Pertama saya mengucapkan terimakasih pada rekan-rekan semua tim pemenangan. Jadi kami sangat berterimakasih atas jerih payahnya, sehingga bisa menyiapkan segalanya. Yang kedua inilah wujud dari aspirasi, partisipasi dan inovasi yang ada di RW 026. Harapan saya sebagai ketua FKRW ini bisa mewakili wujud dari kecamatan Medan Satria. Jadi di RW 026 ini ada 6 lomba dan 4 inovasi, mudah-mudahan RW lain bisa mencontoh yang ada di RW 026 ini," tutup Edy.


Laporan Agus Wiebowo


 

Posting Komentar

0 Komentar