|Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Panasonic Gobel Indonesia menggelar Kid Witness News 2008

Ajang kreatif bagi anak-anak Indonesia membuat video bertema Lingkungan Hidup
Panasonic Gobel Indonesia kembali menyelenggarakan lomba tayangan video tingkat anak-anak bertajuk Kid Witness News (KWN) Indonesia 2008. KWN merupakan ajang kompetisi pembuatan video singkat untuk pelajar usia 10-15 tahun se-Indonesia, bertemakan Lingkungan Hidup. Di Indonesia, KWN pertama kali diselenggarakan pada 2004, dan tahun ini adalah kompetisi yang ke-5 kalinya.

”Tujuan utama kami menggelar event ini adalah untuk menstimulasi kreativitas di kalangan para siswa dan memunculkan kemampuan berkomunikasi di antara mereka. Selain itu, ajang ini ditujukan untuk menciptakan kerja sama tim di antara para siswa dalam mengerjakan tugas di lapangan dan aktivitas lain terkait dengan pembuatan film tersebut,” tutur Siswanto Karyogoeno, Direktur Panasonic Indonesia. ”Oleh karena itu kami berupaya menyediakan wadah untuk mengasah sisi pendidikan anak lewat program yang menarik ini. Kami yakin KWN dapat menstimulasi daya inovasi, pemahaman, kreativitas dan analisa para pesertanya,” lanjut Siswanto.

Di tahun yang kelima ini, KWN Indonesia mendapat restu dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Indonesia, serta mendapat dukungan penuh dari para mitra yaitu Institut Kesenian Jakarta (Fakultas Film & Televisi), Trans 7, Female Radio, PT. Padang Digital Indonesia, Hope Worldwide Indonesia, WWF dan PT. Senjaya Bersama Utama. “ Harapan kami dengan kerja bareng bersama para mitra yang berdedikasi dan berkompeten ini, kami bisa terus meningkatkan kualitas KWN Indonesia, setara dengan negara-negara maju lain,” tutur Susy Darmayanti, Corporate Communication PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI).

Seperti tahun lalu, tema tahun ini adalah Lingkungan Hidup. Harapan dari panitia KWN Indonesia 2008 ini, para peserta bisa menampilkan karya yang lebih kental dari sisi lokalitas dan positif dari Lingkungan Hidup di Indonesia, untuk itu subtema yang dipilih adalah “Lihat sekitarmu dan ceritakan pada Dunia”. Menurut Subagjo Budisantoso, pengajar IKJ sekaligus salah satu juri KWN Indonesia 2008, “Indonesia kaya akan berbagai aktivitas pelestarian lingkungan hidup yang sangat positif di seluruh yang bisa kita perlihatkan kepada dunia. Lewat KWN ini, kami yakin anak-anak Indonesia bisa menyajikan karya mereka untuk mendukung pelestarian lingkungan.”



KWN Indonesia 2008

Persyaratan untuk mengikuti KWN 2008, satu kelompok peserta terdiri dari 2-10 siswa dan didampingi seorang guru pembimbing. Pada tahap awal seluruh peserta dari seluruh kota di Indonesia akan dikompetisikan untuk membuat storyline/naskah/jalan cerita yang kemudian oleh tim juri dari seluruh partner akan disaring (screening) menjadi 10 storyline terbaik dan kemudian mereka akan mendapatkan training dan pelatihan pembuatan video dari PGI dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Pelatihan IKJ diberikan bertujuan bukan sekadar memberikan kemampuan para finalis untuk memberikan sentuhan estetis pada setiap karyanya akan tetapi harapannya adalah agar mereka bisa melahirkan karya monumental dan menjadi kebanggaan bangsa.

Tahapan berikutnya, bagi peserta yang lolos 10 besar, Panasonic memberikan hadiah berupa masing-masing 1 unit Panasonic Ecam NV GS330 dan menyediakan berbagai perangkat produksi lengkap seperti , yakni (1) Panasonic AVC HD Camera HMC 72 + Tripod; (2) Panasonic SD Card; (3)Panasonic Microphone (+ KWN Cube); (4) KWN Shirt/Vest, Badge, Clipboard and Pen. Selain itu, Panitia juga memperlengkapi peserta dengan DVD + Buku Panduan bagi Siswa dan Guru.

Aspek penjurian video terdiri dari 5 bidang, yakni (1) Aspek penulisan meliputi kreativitas, originalitas, dan kandungan lokal; (2) Aspek Videografi meliputi kualitas gambar, fokus objek, tata cahaya dan warna; (3) Aspek Suara meliputi kejelasan suara, kemampuan narasi, efek suara dan musik; (4) Aspek Editing meliputi harmonisasi dalam penggabungan klip-klip, efek visual, dan tampilan terjemahan dalam bahasa Inggris; (5) Aspek komprehensif meliputi kejelasan dan akurasi tema.

Susunan Dewan Juri KWN tahun ini di antaranya Subagjo Budisantoso (IKJ), Brigitta Isworo Laksmi (senior journalist) dan para juri dari seluruh partner yaitu dari KLH, Trans 7, Female Radio, PT Padang Digital Indonesia, Hope Worldwide Indonesia, WWF dan PT Senjaya Bersama Utama.

Karya peserta kompetisi KWN dalam format video berdurasi maksimal 5 menit dengan berbagai alternatif konten, antara lain film dokumenter, reportase, drama, animasi kartun, dan materi kreatif lainnya. Seluruh pengambilan gambar menggunakan Panasonic Camera dan hasil video direkam dalam DVD Panasonic. Transkrip ucapan bahasa Indonesia dan diterjemahkan dalam teks berbahasa Inggris.


Catatan dari KWN 2007 yang lalu

Juara KWN Indonesia 2007 lalu adalah pelajar dari Jubilee School–Jakarta Utara, dengan karya berjudul "Bakau". Tim ini terdiri dari Adeline Tiffanie Suwana, Sean TP Kusmuljadi dan Monica Celine Sutiono, pembimbing Aidil Farhan dan kepala sekolah Shantyaswari Prihandini. Karya ini berhasil masuk lima besar (Top 5) KWN Global 2008, untuk bersaing dengan 4 negara lainnya: Inggris, Amerika Serikat, Polandia, dan Hongkong, plus negara tuan rumah, Jepang. Di KWN Global 2008 yang berlangsung di Tokyo, Jepang pada 19 Juni 2008 lalu, Jubilee School berhasil meraih 2 Awards: Ecology Award dan Web Award (website vote). Web awards sendiri merupakan salah satu kategori yang sangat menarik karena dipilih langsung oleh pengakses web KWN.

“Mereka berhasil membuka sebuah wacana di dunia internasional bahwa anak Indonesia memiliki kreativitas tinggi dalam menghasilkan video bermutu. Tidak ada rasa gentar dari putra-putri kita dalam menghadapi peserta dari lima negara lain, malah sebaliknya mereka mampu meraih dua penghargaan sekaligus. Terpilihnya tim Indonesia sebagai juara kategori membuktikan bahwa mereka mampu menerjemahkan konsep mereka di dalam alur cerita yang menarik bagi khalayak ramai,” jelas Susy Darmayanti. Tak lupa ia berharap semoga pemenang dari Indonesia kelak dapat mencetak prestasi di ajang KWN Global, seperti yang telah ditorehkan oleh pemenang KWN Indonesia tahun-tahun sebelumnya.


Sekilas tentang KWN

Penyelenggaraan KWN dimulai pada tahun 1989 oleh Panasonic Amerika Serikat. Kemudian menyebar ke negara lain di Eropa, Asia dan Jepang. Hingga saat ini, tidak kurang dari 10.000 pelajar dari 626 sekolah di 24 negara telah berpartisipasi dalam program tahunan tersebut. Di Indonesia, KWN pertama kali diselenggarakan pada 2004. KWN dirancang sebagai program untuk meningkatkan kreatifitas dan kerjasama para siswa. Dengan bimbingan para gurunya, dari KWN ini diharapkan para siswa bisa meningkatkan kepekaan mereka terhadap lingkungan dan tempat tinggal mereka.

Untuk keterangan lengkap KWN Global, silakan klik ke

http://panasonic.net/kwn

dan KWN Indonesia ke

www.panasonic.co.id

atau

www.kwn-id.com

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Susy Darmayanti
Corporate Communication – PT. Panasonic Gobel Indonesia
Jl. Dewi Sartika 14 (Cawang II), Jakarta 13630
Phone : +62-21-8090108 ext.2601
Fax : +62-21-80883504
e-mail : susy.darmayanti@id.panasonic.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar