|Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Amerika Gencar Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya

CornerStone Power Development, perusahaan pengembang asal Chicago sedang mempersiapkan pembangunan ladang seluas 485 ribu meter persegi di kota Coxsackie, New York.

Ladang yang dibangun bukanlah ladang biasa. Dengan modal sekitar US$60 juta, ladang tersebut akan menjadi instalasi pembangkit listrik tenaga surya skala besar pertama yang akan menghasilkan listrik sebesar 15 sampai 20 megawatt.

Proyek di Coxsackie ini sekaligus menunjukkan bahwa meskipun di New York, kawasan yang terkenal dengan langit berawan dan cuaca buruk, pembangkit listrik tenaga surya tetap bisa berfungsi.

“Kami yakin matahari kini semakin menjadi sumber daya yang sangat masuk akal,” kata Daniel Somers, seorang eksekutif dari CornerStone, seperti dikutip dari Times-Union, Rabu 28 Juli 2010.

CornerStone berencana untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya mereka di kawasan pertanian, untuk memudahkan penambahan lahan jika dibutuhkan. Adapun ladang surya tersebut diperkirakan sudah dapat menghasilkan energi pada 2012.

Saat ini, proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga matahari skala besar lainnya juga sedang dikerjakan di Long Island, New York. Jika berhasil, instalasi pembangkit listrik tenaga surya skala yang lebih besar akan dibangun di kawasan timur laut Amerika Serikat. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar