A+

6/recent/ticker-posts

Mayoritas Kemenangan Islam Dicapai di Bulan Ramadhan


A+ | Anda perlu tahu, mayoritas peperangan dan kemenangan kaum muslimin, diraih pada bulan Ramadhan. Di antara catatan kemenangan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Perang Badar Al-Kubro. Yaitu pertempuran yang pertama terjadi dalam sejarah Islam. Perang ini berlansung pada tanggal 17 Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah.
  2. Fath Makkah (Penaklukan kota makkah) yang dipimpin langsung oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Pertempuran ini terjadi pada tanggal 10 Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah
  3. Ma’rakah Buwaib, yaitu pertempuran antara kaum muslimin melawan Persia di daerah Buwaib, Irak. Perang yang dipimpin oleh Mutsanna bin Haritsa ini terjadi pada bulan Ramadhan tahun 13 H.
  4. Ma’rakah Qodisiah, yaitu peperangan yang terjadi pada bulan Ramadhan tahun 15 H. Kaum muslimin dipimpin oleh Sa’ad bin Abi Waqas melawan pasukan Persia di Qodishiah dan berhasil membawa kemenangan
  5. Ma’rakah Nuba, yaitu pertempuran yang terjadi pada bulan Ramadhan, tahun 31 H. Umat Islam yang dipimpin oleh Abdullah bin Abi Sarh berhasil meraih kemenangan atas pasukan Koptik, yaitu setelah mengepung ibu kota Dongola Nubia di selatan Mesir.
  6. Penaklukan pulau Rhodes oleh kaum muslimin yang dipimpin oleh Junadah bin Abi Umayah. Rodhes adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Tengah. Palau ini sering digunakan oleh pasukan Romawi untuk menyerang kapal-kapal kaum muslimin yang lewat diperairan tersebut. Penaklukan ini terjadi pada bulan Ramadhan tahun 53 H.
  7. Penaklukan kota Andalus, yaitu pada tanggal 28 Ramadhan tahun 92 H. Kaum muslimin dipimpin oleh Tariq bin Ziyad melawan tentara Goth di daratan Andalus itu, atau sekarang disebut dengan Spanyol. Dalam peperangan tersebut kaum muslimin berhasil meraih kemenangan.
  8. Penaklukan India dan Pakistan oleh pasukan Islam di bawah Komandan Qasim bin Muhammad Ats-Tsaqafi. Peperangan ini terjadi pada bulan Ramadhan tahun 94 H. 
  9. Fathu Umuriyah (Penaklukan kota Amuriyah) dari Kekaisaran Bizantium, yaitu pada bulan Ramadan, tahun 223 H. Penaklukan yang digagas oleh Khalifah Mu’tasim terjadi ketika Raja Romawi menyerbu kaum muslimin dan memotong hidung serta telinga para tahanan muslim. Mendengar kejadian tersebut, Khalifah Mu’tashim dengan segenap pasukannya berhasil menyerang pasukan romawi dan menaklukkan kota Amuriya.
  10. Penaklukan kota Sirakusa pada bulan Ramadan tahun 264 H. Kota terbesar di Sisilia itu berada di bawah kekuasaan Romawi dan setelah pengepungan yang berlangsung sembilan bulan, kota tersebut berhasil ditaklukkan kaum muslimin di bawah pimpinan Ja’far bin Muhammad.
  11. Pertempuran Manzikert atau Malazgirt, yaitu pertempuran yang terjadi antara Kekaisaran Bizantium dan pasukan Seljuk yang dipimpin oleh Alip Arsalan pada tanggal 26 Agustus 1071 atau bertepatan dengan bulan Ramadhan tahun 463 H di kota Manzikert, Turki. Dalam pertempuran tersebut kaum muslimin berhasil meraih kemenangan dan menawan kaisar Bizantium.
  12. Pertempuran Zallaqah, terjadi pada bulan Ramadan tahun 479 H. Kaum muslimin dibawah Amir Daulah Murabbitin, Yusuf bin Tasyfin berhasil mengalahkan pasukan salib yang menyerbu kota Andalus. Para sejarawan mengatakan bahwa kemenangan besar ini telah menunda jatuhnya Andalusia selama beberapa abad.
  13. Pertempuran Harim, pada bulan Ramadhan tahun 559 H. Dimana umat Islam, yang dipimpin oleh Nuruddin Mahmud Zangki, berhasil melawan Tentara Salib dan membebaskan kota Harim, Idlib.
  14. Pertempuran Hittin, pada bulan Ramadhan tahun 584 H. Kaum muslimin yang dipimpin oleh Salahuddin berhasil mengalahkan tentara salib dan membebaskan Baitul Maqdis, Yerusalem
  15. Penaklukkan Armenia pada bulan Ramadan tahun 673 H. Ditaklukkan oleh kaum muslimin di bawah pemimpin Sultan Mamluk Dhahir Baibars.
  16. Pertempuran ‘Ain Jalut, pada bulan Ramadhan tahun 685 H. Dalam peperangan tersebut, umat Islam yang dipimpin oleh Sultan Qutuz berhasil melawan pasukan Tatar yang telah membunuh jutaan kaum muslimin di negara-negara Islam.
  17. Pertempuran Syaqhab (Marj Shufr), terjadi pada tanggal 2 Ramadan tahun 702 H. Dimana umat Islam, yang dipimpin oleh Nasir Muhammad bin Qalawun dan bersamanya juga ada Syekh Ibnu Taimiyah, berhasil mengalahkan Tatar di dataran Syaqhab, dekat Kota Damaskus.
  18. Penaklukan Bosnia dan Herzegovina pada bulan Ramadan tahun 791 H. Kaum Muslimin di bawah pimpinan Usmaniyah, Sultan Murad I berhasil menghalau aliansi salibis dari Serbia, Bulgaria, Polandia, Hungaria dan Albania.
  19. Penaklukan Pulau Siprus pada bulan Ramadan tahun 829 H. Pulau Siprus dulunya telah ditaklukkan pada masa khalifah Muawiyah, akan tetapi palau itu jatuh kembali ke tangan Tentara Salib. Dari palau ini mereka menyusun strategi untuk menyerang dunia Islam. Kemudian lewat kepemimpinan Sultan Dinasti Mamluk, Ashraf Barsbai, palau tersebut berhasil direbut kembali.
  20. Perang Ramadhan atau dikenal juga dengan perang Arab-Israel. Yaitu sebuah peperangan yang terjadi ketika tentara Mesir dan Suriah mengawali perperangan melawan Israel. Pertempuran ini terjadi pada 6 Oktober 1973 Masehi dan bersamaan dengan 10 Ramadhan 1390 H.



Berbagai sumber, diolah tim kiblat

Posting Komentar

0 Komentar