|Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Jaga Kehormatan BK, Pak Harto Bubarkan PKI


A+ | Ketika Tomy bertanya tentang PKI kepada bapaknya dan kenapa bapak mengambil inisiatif untuk membubarkan PKI padahal Bung Karno tetap bertahan tidak mau membubarkan PKI ?

Ini jawaban Pak Harto:

Sebagai bawahan bapak wajib melindungi harga diri Bung Karno karena kapasitasnya sebagai pemimpin besar dan juga diakui sebagai pemimpin besar dunia, Bung Karno sudah mengucapkan pemikirannya kepada dunia tentang menyatukan Nasionalisme, Agama, dan Komunisme melalui Sidang Umum PBB. Bung Karno menyebut gagasannya itu "to build a new world".

Setelah melontarkan di forum internasional, bagaimana mungkin kemudian Bung Karno mau membubarkan Partai Komunis Indonesia PKI?.

Jadi bapak berpikir biarlah bapak yang membubarkan PKI yang semakin merajalela saat itu. Kadang kala bawahan harus mengerti keteguhan seorang pemimpin, karena saat itu jika sampai Bung Karno membubarkan PKI dan menjilat ludah sendiri, maka akan di cap apa negara kita ini di mata internasional.

Bapak mengambil inisiatif karena bapak juga sudah menyadari risikonya.

Tidak masalah bapak disalahkan kelak, namun pasti suatu hari anak cucu bangsa ini akan mengerti dengan sendirinya apa arti kebenaran dan kesalahan di masa - masa perjuangan.

(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar