A+

6/recent/ticker-posts

12 Perupa Jogja Ramaikan Jambore Seni Rupa Nasional di Ancol

Jambore Seni Rupa Nasional XV yang mengambil tempat di Pasar Seni Ancol dibuka Jumat [30/7] pekan lalu. Pameran seni rupa dan kerajinan ini diselenggarakan dalam rangkaian acara Ancol Art Festival 2010. Kali ini, 12 perupa dari Jogjakarta turut ambil bagian dalam Jambore Seni Rupa Nasional XV, diantaranya Mahyar, Ledek Sukadi, Sumadi, P. Armin, Edi Purwanto, Joko Santoso, Joko Indarto, Rismaryono, Yoyon, Indarin, Gondrong Kamsuri, dan Godod Sutejo. Menurut Godod Sutejo, koordinator rombongan perupa dari Jogjakarta, sekitar 200 karya diberangkatkan dari Sambung Seni Jogjakarta untuk diikutkan dalam pameran di Ancol.

Gelaran yang ke-15 kali ini lebih menarik karena dibarengi dengan pameran International Art Painting – Jakarta Art Award 2010 dengan segudang rangkaian acara yang sangat spektakuler, diantaranya performance art, mural, melukis bareng artis, musik humor, pagelaran wayang kulit, musik campur sari, indiecamp music, pameran & workshop edutainment seni rupa UNJ, pameran & workshop komik, dan new Friday Jazz Nite. 

"Keseluruhan acara menarik untuk dinikmati, menggugah kelesuan peminat seni rupa memang tidak gampang tetapi berbagai upaya peningkatan terus kami lakukan mengingat ini merupakan acara rutin yang telah dirintis sekian lama oleh seniman-seniman Ancol dulu. Jadi kami akan terus melanjutkan acara ini kedepannya dengan tambahan berbagai acara pendukung biar lebih menarik,” ungkap Godod Sutejo,

Jambore seni rupa tahunan ini banyak diminati oleh perupa nusantara karena selain cukup ramai pengunjung, yang berdampak langsung pada banyaknya transaksi jual beli, sekaligus juga sebagai ajang berkumpulnya sahabat dan teman-teman seniman yang sudah lama tidak bertemu. Pengunjung akan disuguhi beragam pilihan aliran lukisan dari berbagai daerah yang tertata apik dalam ratusan stand yang disediakan panitia. 

“Harapan kami sebagai peserta, jambore ini sekiranya dapat sukses karena selain banyak acara pendukung lainnya juga berbarengan dengan awal bulan puasa, kalau orang Jawa menyebutnya nyadran, dimana banyak pengunjung membutuhkan souvenir bingkisan maupun parsel untuk bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Dan lukisan bisa menjadi pilihan yang sangat menarik,” Ujar Godod. 

Pameran Jambore Seni Rupa Nasional XV dalam rangka Ancol Art Festival 2010, terbuka untuk umum dan setiap hari buka jam  9 pagi hingga tengah malam, akan berakhir tanggal 8 Agustus 2010.

Posting Komentar

0 Komentar