|Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Ditemukan Fosil Tembakau Zaman Pleistocene

LIMA - Ahli purbakala Peru berhasil menemukan fosil tembakau tertua di dunia yang diperkirakan berumur 2,5 juta tahun lalu. Tembakau zaman Pleistocene yang tersusun dalam bentuk balok berukuran sekitar 30 cm, ditemukan oleh ilmuwan Museum Paleontologi Meyer-Honinger, awal pekan ini, disebuah cekungan sungai Maranon, timur laut Peru.

"Penemuan ini membuktikan pada kita bahwa tembakau sudah ada sejak zaman Pleistocene. Sekaligus memastikan asalnya dari timur laut Peru," ujar juru bicara museum seperti dilansir news.com, Sabtu (20/11). Penemuan ini juga kembali menegaskan bahwa orang Eropa bukanlah penemu bahan baku utama rokok tersebut.

Tembakau dijadikan rokok atau dikunyah orang asli Amerika, jauh sebelum pelaut Eropa menjelajah dunia pada abad kelimabelas. Selain dirokok dan dikunyah, orang Amerika kuno sering menggunakan tembakau untuk berbagai  pengobatan, mulai dari sakit mata dan penyakit luar lainnya.

Zaman itu, hembusan asap tembakau juga sering dijadikan bahan ritual pelepasan prajurit sebelum pergi ke medan perang, dan ritual kesuburan sebelum seorang wanita melakukan hubungan suami istri. (pra/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar