|Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Sistem Perdagangan On Line Dan 12 Market Maker Di BBJ

Sebagai bagian dari upaya JFX (Jakarta Futures Exchange) untuk meningkatkan pelayanannya terhadap pasar berjangka, perbaikan sistem perdagangan yang berkesinambungan terus dilakukan untuk meningkatkan kinerjanya.


Setelah 5 tahun menjadi tulang punggung perdagangan, sistem perdagangan JAFeTS 2 telah digantikan secara bertahap dengan JAFeTS 3 sejak Agustus 2010. Tahap pertama dimulai dengan pengalihan sistem perdagangan.

Selanjutnya, tahap kedua dimulai pada akhir Oktober dengan menambahkan sistem pengawasan (surveillance) dan sistem manajemen risiko, yang memungkinkan lembaga kliring membatasi posisi Anggota Kliring. Tahap terakhir merupakan tahapan implementasi secara keseluruhan dan telah dilakukan sejak November akhir. Tahap ini melengkapi JAFeTS 3 dengan Akses Pasar Langsung (APL).

“Dengan APL nasabah dapat langsung melakukan transaksinya ke JFX melalui web,” kata Andam Dewi,Kepala Divisi Riset dan Pengembangan Usaha, Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), melalui keterangan tertulisnya (2/12/2010).

Di samping itu, APL memungkinkan Anggota Bursa mengembangkan sistemnya sendiri untuk memenuhi kebutuhan akan fitur yang diperlukan sendiri atau nasabahnya. Dengan semua kelengkapan ini, Pialang Berjangka diharapkan dapat berperan lebih aktif dalam menarik minat lindung nilai masyarakat ke instrumen berjangka yang dimiliki JFX.

Selain menyediakan sistem perdagangan on line, saat ini JFX juga telah menyetujui 5 perusahaan sebagai penggerak pasar (market maker) atau pihak-pihak yang bersedia memasang order beli dan order jual setiap saat selama jam perdagangan dengan selisih beli dan jual tertentu untuk kontrak-kontrak berikut ini:

NO
PIALANG
JENIS KONTRAK
1
Premier Equity Futures
Kontrak Indeks Emas (KIE)
2
Mahadana Asta Berjangka
Kontrak Indeks Emas (KIE)
Kontrak Gulir Emas (KGE)
Kontrak Gulir Emas USD (KGEUSD)
3
Askap Futures
Kontrak Indeks Emas (KIE)
Kontrak Gulir Emas (KGE)
Kontrak Gulir Emas USD (KGEUSD)
NO
PEDAGANG
JENIS KONTRAK
1
Monex Investindo
Kontrak Gulir Emas USD (KGEUSD)
2
Sentra Astra Maxima
Kontrak Indeks Emas (KIE)
Kontrak Gulir Emas (KGE)
Kontrak Gulir Emas USD (KGEUSD)
Dari tabel tersebut, dapat dilihat bahwa ada :
a) Market Maker untuk Kontrak Indeks Emas yang mempunyai pergerakan harga yang sama dengan nilai tukar mata uang USD terhadap Rp (dalam Rp/USD).
b) Market Maker untuk Kontrak Gulir Emas USD yang merujuk pada harga Emas Loco London dengan satuan 100 troy ounce dalam mata uang USD
c) Market Maker untuk Kontrak Gulir Emas yang merujuk pada harga Emas Loco London dalam Rp/gram
Total 11 Market Maker ini menambah jumlah satu Market Maker JFX yang sudah ada untuk Kontrak Berjangka Emas yang merujuk pada harga Emas kualitas 99.99 dalam Rupiah/gram.

JFX akan terus berupaya untuk mendapatkan lebih banyak Market Maker untuk meningkatkan likuiditas pasar, namun demikian nantinya setiap kontrak akan dibatasi sampai dengan 5 pihak Market Maker.

Dengan semua persiapan ini, diharapkan nantinya dapat tercipta perdagangan kontrak multilateral yang likuid, yang pada akhirnya dapat dijadikan sebagai referensi harga dari produk kontrak yang terkait. * (Syam/MP)

Tautan berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar