Jakarta Tanggap COVID-19

Data Pemantauan COVID-19 Nasional dan DKI Jakarta

21 Januari 2020 sampai hari ini

Arthur’s Day Dimeriahkan 14 Band Luar dan Dalam Negeri


Sebanyak 14 band luar dan dalam negeri akan turut meriahkan perhelatan akbar Guiness dalam merayakan Arthur’s Day di Indonesia untuk pertama kalinya 4 Desember 2010 di Oval Plaza, Epicentrum Walk, Jakarta.

Band yang akan tampil tersebut adalah LifeHouse, Rivermaya, Superman Is Dead, Pure Saturday, Kalih, Cola Float, Artikel, Blue Mint, The Tricks, Medium, Brown Band, Chalysta, Small band dan Sister Morphin yang merupakan finalis Guiness Bold Chemistry Band Competition.

Arthur’s Day adalah perayaan yang mendunia dengan   acara  yang  dirancang  untuk  mengenal  dan  menghormati  warisan filantropis  Arthur Guinness  dan keluarganya melaluiArthur Guinness Fund yang didirikan sebagai bagian dari perayaan Guinness Arthur’s Day 2009 yang lalu. Acara ini merupakan rangkaian  acara  musik  dan  perayaan  yang bertempat  di  beberapa kota di seluruh dunia untuk merayakan Arthur Guinness.

Arthur’s  Day pertama kali diadakan pada tahun 2009 untuk menandai perayaan 250  tahun Arthur Guinnessmenandatangani kontrak di St. James Gate Brewery di  Dublin.  Sejak  tahun  1759,  Arthur  Guinness dan merek GUINNESS sudah berada  di  belakang  pencapaian  yang luar biasa dan sangat penting. Untuk melanjutkan  warisan  ini,  pada  tanggal  23  September  lalu jutaan  pendukung GUINNESS, konsumen, selebritas dari seluruh dunia mengangkat GUINNESS untuk Arthur  dan  bersatu  dalam  perayaan  global  yang  luar  biasa di penjuru Irlandia, Eropa, Asia, Afrika, Amerika Utara dan Karibia.

John  Galvin,  perwakilan  dari  Guinness  Indonesia menuturkan, Arthur’s Day adalah   sebuah  perayaan  yang dirancang  untuk  mengenal  dan menghormati warisan  dari  Arthur  Guinness  dan  keunikan  GUINNESS  yang dibawanya ke penjuru  dunia.

“Perayaan ini telah dirayakan di seluruh dunia dari Dublin, Afrika, dan Kuala Lumpur dan sekarang, kami dengan bangga mengumumkan bahwa kami akan merayakan event ini di Indonesia tanggal 4 Desember untuk bersama bersulang kepada seorang pria yang sangat inspirasional, ” ujar Galvin.

Artis  internasional  dan lokal akan tampil untuk merayakan Arthur Guinness dan  warisannya  yang  luar  biasa. Lifehouse, Rivermaya, Superman Is Dead, Pure Saturday, dan 10 pemenang Bold Chemistry akan menghibur para penggemar Guinness di  Indonesia dan juga akan  memulainya  dangan ‘Toast To Arthur’

Penggemar  juga dapat menikmati  sebuah malam yang menakjubkan   dengan  penampilan live music di panggung utama selama perayaan  Arthur’s  Day di Jakarta - semuanya  diperuntukan  untuk  Arthur Guinness dan warisannya yang luar biasa.

Selain itu, beberapa  elemen  lain dengan teknologi canggih yang akan memamnjakan pengunjung sepertiGuinness Digital Wall dan  Guinness  Ice  Bar dimana  penggemar  dapat menikmati Guinness dingin dalamnya.  Salah  satu elemen baru  dalam   Guinness   Arthur’s   Day ini adalah   Wooz.In (Radio  Frequency Identification).

Guinness Arthur’s Day akan   menggunakan  teknologi   elektronik   untuk   mengidentifikasi  para konsumennya.  Dengan  Wooz.in,  pengunjung dapat melihat biografi mereka di Guinness digital wall dan secara  langsung terhubung  dengan Social Network mereka,  seperti FacebookTwitterFoursquare, danGowalla.  Ini merupakan metode  revolusioner dalam industri entertainment.

Herman  Sulina,  Head  of  Marketing  Guinness Indonesia menambahkan, “Kami sangat  bangga  dapat mempersembahkan jajaran Internasional dan lokal artis yang   telah   kami   siapkan   untuk  merayakan Guinness  Arthur’s Day di Indonesia.   Semua  orang  memiliki  kesempatan  untuk  merayakan  Guinness Arthur’s Day yang spektakuler.”

Jadilah  bagian  dalam  komunitas  Guinness dan  angkat gelas untuk Arthur dengan   ambil  bagian  dalam event  Guinness di  beberapa pub dan klub di seluruh Indonesia untuk menyambut Guinness Arthur’s Dayyang akan datang.

Setelah  perayaan Arthur’s Day ini, warisan Arthur Guinness yang luar biasa ini   akan terus   berlanjut  dengan road show Bold Chemistry di beberapa klub dan  pub  di beberapa kota  di Indonesia. 10 pemenang Bold  Chemistry akan   mengadakan  tur  di beberapa kota besar di Indonesia  sebagai bagian dari  kegiatan Arthur’s  Day untuk  mengenang  Arthur Guinness dan sebuah keunikan Guinness stout. * (MP)


Tautan berita
http://www.mediaprofesi.com/gaya-hidup/275-guinness-arthurs-day-tampilkan-14-band-luar-dan-dalam-negeri.html

Sistem Perdagangan On Line Dan 12 Market Maker Di BBJ

Sebagai bagian dari upaya JFX (Jakarta Futures Exchange) untuk meningkatkan pelayanannya terhadap pasar berjangka, perbaikan sistem perdagangan yang berkesinambungan terus dilakukan untuk meningkatkan kinerjanya.


Setelah 5 tahun menjadi tulang punggung perdagangan, sistem perdagangan JAFeTS 2 telah digantikan secara bertahap dengan JAFeTS 3 sejak Agustus 2010. Tahap pertama dimulai dengan pengalihan sistem perdagangan.

Selanjutnya, tahap kedua dimulai pada akhir Oktober dengan menambahkan sistem pengawasan (surveillance) dan sistem manajemen risiko, yang memungkinkan lembaga kliring membatasi posisi Anggota Kliring. Tahap terakhir merupakan tahapan implementasi secara keseluruhan dan telah dilakukan sejak November akhir. Tahap ini melengkapi JAFeTS 3 dengan Akses Pasar Langsung (APL).

“Dengan APL nasabah dapat langsung melakukan transaksinya ke JFX melalui web,” kata Andam Dewi,Kepala Divisi Riset dan Pengembangan Usaha, Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), melalui keterangan tertulisnya (2/12/2010).

Di samping itu, APL memungkinkan Anggota Bursa mengembangkan sistemnya sendiri untuk memenuhi kebutuhan akan fitur yang diperlukan sendiri atau nasabahnya. Dengan semua kelengkapan ini, Pialang Berjangka diharapkan dapat berperan lebih aktif dalam menarik minat lindung nilai masyarakat ke instrumen berjangka yang dimiliki JFX.

Selain menyediakan sistem perdagangan on line, saat ini JFX juga telah menyetujui 5 perusahaan sebagai penggerak pasar (market maker) atau pihak-pihak yang bersedia memasang order beli dan order jual setiap saat selama jam perdagangan dengan selisih beli dan jual tertentu untuk kontrak-kontrak berikut ini:

NO
PIALANG
JENIS KONTRAK
1
Premier Equity Futures
Kontrak Indeks Emas (KIE)
2
Mahadana Asta Berjangka
Kontrak Indeks Emas (KIE)
Kontrak Gulir Emas (KGE)
Kontrak Gulir Emas USD (KGEUSD)
3
Askap Futures
Kontrak Indeks Emas (KIE)
Kontrak Gulir Emas (KGE)
Kontrak Gulir Emas USD (KGEUSD)
NO
PEDAGANG
JENIS KONTRAK
1
Monex Investindo
Kontrak Gulir Emas USD (KGEUSD)
2
Sentra Astra Maxima
Kontrak Indeks Emas (KIE)
Kontrak Gulir Emas (KGE)
Kontrak Gulir Emas USD (KGEUSD)
Dari tabel tersebut, dapat dilihat bahwa ada :
a) Market Maker untuk Kontrak Indeks Emas yang mempunyai pergerakan harga yang sama dengan nilai tukar mata uang USD terhadap Rp (dalam Rp/USD).
b) Market Maker untuk Kontrak Gulir Emas USD yang merujuk pada harga Emas Loco London dengan satuan 100 troy ounce dalam mata uang USD
c) Market Maker untuk Kontrak Gulir Emas yang merujuk pada harga Emas Loco London dalam Rp/gram
Total 11 Market Maker ini menambah jumlah satu Market Maker JFX yang sudah ada untuk Kontrak Berjangka Emas yang merujuk pada harga Emas kualitas 99.99 dalam Rupiah/gram.

JFX akan terus berupaya untuk mendapatkan lebih banyak Market Maker untuk meningkatkan likuiditas pasar, namun demikian nantinya setiap kontrak akan dibatasi sampai dengan 5 pihak Market Maker.

Dengan semua persiapan ini, diharapkan nantinya dapat tercipta perdagangan kontrak multilateral yang likuid, yang pada akhirnya dapat dijadikan sebagai referensi harga dari produk kontrak yang terkait. * (Syam/MP)

Tautan berita

KPK Borneo Merentang Spirit Kalimantan

Kegairahan seni rupa Kalimantan sudah dimulai dan akan terus berlanjut mencapai eksistensinya. Baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Para perupa (pelukis) yang tergabung dalam Komunitas Perupa Kalimantan (KPK) BORNEO akan menggelar karya-karya lukis selama 6 hari, mulai 7 hingga 12 Desember 2010 di anjungan Kalimantan Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Rencananya pagelaran pameran seni rupa ini akan dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming.

Pameran ini merupakan agenda pameran tahunan dari KPK Borneo, dimana anggotanya mencakup perupa-perupa 4 provinsi se-Kalimantan, yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Ketua Umum KPK Borneo, M. Husni Thambrin mengungkapkan, terbentuknya KPK Borneo atas dasar suatu semangat kebersamaan, semangat toleran yang mengacu kepada sikap empati yang tinggi, baik kepada sesama warga Kalimantan ataupun masyarakat Indonesia dan dunia, yang akhirnya meluaskan rasa kepedulian terhadap sesama manusia, pada lingkungan dan alam.

Para perupa Borneo yang bercita-cita membangun pulau Kalimantan dalam melestarikan dan mengembangkan Seni Budaya Kalimantan, yang sesuai denga tata nilai dan visi misi masing-masing wilayah atau provinsi yang a da di Kalimantan, agar bisa bersaing dan sejajar dengan daerah-daerah lain, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tak kurang dari 40 hasil karya seni rupa akan ditampilkan dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1432 Hijriyah, dengan tema ‘Merentang Spirit Kalimantan’. Dimana para perupa merasakan kegundahan warga masyarakat Kalimantan yang merasa terpinggirkan, dengan banyaknya hasil sumber daya alamnya yang diambil oleh kaum berduit.

Sejumlah karya yang ditampilkan menggambarkan semangat warga Kalimantan yang masih tetap ada dan terus tumbuh. Hal ini bisa dilihat dari salah satu hasil karya Husni dengan kapal motor air atau yang populer di kenal ‘Klotok’ dengan judul ‘Asa yang Tersisa’. “Ini artinya, bahwa semangat orang Kalimantan itu masih tetap ada, dan tidak akan pernah pudar, sekalipun hasil alamnya banyak dikeruk oleh orang luar,” kritik Husni.

Memang, kini hutan Kalimantan sudah gundul, dengan tingkat kerusakan yang paling parah kisaran 90 persen alam Kalimantan rusak. Banyak pohon yang di tebang oleh investor, hasil bumi yang di gali, seperti yang ramai saat ini penggalian besar-besaran batu bara. Dimana sebetulnya warga masyarakat tidak pernah men ikmati hasilnya, dan warga tetap saja miskin.

Hal ini dibenarkan oleh Dewan Pembina KPK Borneo, H. Mawardi menyatakan, dewasa ini banyak kekayaan alam Kalimantan yang sudah tergerus, namun dampak terhadap kesejahteraan masyarakat tidak ada. “Coba lihat dari pengerukan batu bara, dimana pekerjanya banyak di datangkan dari luar pulau Kalimantan, alat transportasi juga didatangkan dari luar termasuk operatornya. Nah, untuk warga itu paling-paling pekerja kasar, dan hanya menjadi penonton di kampungnya sendiri” katanya.

Tentu, sebagai putera Kalimantan kami merasa sedih,tambah Mawardi dimana hasil kekayaan alam kami yang diambil tanpa mempedulikan dampak lingkungan sekitar, dimana banyak pohon kayu yang ditebang dan tidak ada penanaman kembali.

Maraknya penggalian batu bara yang diberikan iin oleh pejabat dengan tidak memerhatikan dampak ingkungan jangka panjan g. “Dengan penggalian batu bara itu dampaknya luar biasa hebat, dimana selain kerusakan hutan, juga menimbulkan banjir dimana-mana. Karena tidak ada penahan air lagi,” tambah Husni.

Selain itu, dampak lingkungan yang diakibatkan oleh penggalian batu bara, pada saat dalam perjalanan dari tambang menuju pelabuhan, banyak debu beterbangan mengakibatkan menimbulkan berbagai macam penyakit, memang saat ini belum terasa, tapi dalam beberapa dan mungkin puluhan tahun itu akan muncul penyakit akibat debu ari batu bara tersebut.

Untuk itulah, para perupa merasa gundah dan melukiskan dalam suatu karya, bahwa kini saatnya melawan dan melestarikan adat budaya asli Kalimtantan harus dipertahankan agar jangan sampai punah oleh ketiadaan alam yang dirusak oleh para investor untuk kepentingan bisnisnya, dan juga para pejabat yang memberikan ijin dengan tidak memedulikan lingkungan dan adat istiadat yang terpinggirkan. * (Syam/MP)

Yockie : Perjuangkan Bunga Kredit Rendah

Yokie M. Hutagalung berempati dan merasa sedih melihat pengusaha pribumi yang tertinggal. Namun bilamana pengusaha pribumi bersatu itu bersatu, maka bisa berkembang dan maju.

Kini begitu mendengar kata pribumi, banyak orang yang alergi dan muncul kesan diskriminatif yang seolah memisahkan diri dari warga yang bukan pribumi. Dan juga seolah-olah menunjukan satu hal yang sifatnya eksklusif dan ingin membuat suatu kumpulan yang menunjukan kekuatannya sebagai suatu kumpulan yang besar.

Kesan seperti itu yang mau dipinggirkan oleh Yokie M. Hutagalung yang kini turut mencalonkan pemilihan Ketua Umum HIPPI periode 2010 – 2015, dengan memberikan sebuah difinisi daripada Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI), adalah seseorang yang lahir dan atau besar di Indonesia yang cinta dan setia kepada Indonesia yang siap berjuang dan rela berkorban untuk persatuan, kemajuan dan kebesaran bangsa dan negara Indonesia.

“Itulah yang bisa dipanggil sebagai pribumi yang nasionalis, dan saya akan mensosialisasikan dengan tujuan apabila HIPPI diterima oleh bangsa ini sebagai suatu himpunan pengusaha yang nasionalis, maka kita mengundang saudara keturunan darimana pun untuk bersama membangun ekonomi pribumi Indonesia,” katanya di sela Munas HIPPI ke-7, di Jakarta.

Sebagai pengusaha pribumi kita juga tidak boleh menjadi jago kandang. Dan untuk itulah dia punya suatu konsep dalam menghdapi ekonomi global ini, harus mencari produk-produk unggulan, untuk dapat bersaing dengan produk-produk impor.

Caranya kita harus meningkatkan industri-industri yang berbahan baku dari hasil agro industri yang tidak banyak dimiliki oleh Negara-negara lain. Seperti coklat yang hanya dimiliki oleh beberapa negara saja di dunia ini, salah satunya Indonesia. Kita akan berusaha supaya itu bisa di produksi bukan hanya raw material atau semi raw material, tapi harus sampai ke finish produk. “Begitu pun dengan produk-produk lain, seperti kelapa sawit, lada dan lain sebagainya,” terangnya.

Yokie berjanji bilamana dia terpilih menjadi Ketua Umum HIPPI, akan memeprjuangkan agar HIPPI sebagai pengusaha yang peduli dengan UKM bisa mendapatkan kredit Rp 5 – 10 miliar dengan bunga rendah. “Karena modal yang dimiliki oleh HIPPI rata-rata sudah mencapai Rp 5-10 miliar,” kata Yockie dengan penuh semangat agar anggota HIPPI juga dapat bersaing di pasar global.

Bapak 4 orang anak ini mengajak seluruh komponen bangsa khususnya yang bernaung di bawah organisasi HIPPI untuk berusaha menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dengan kemampuan profesionalitas, dan jiwa besar.

“Kita harus membangun bangsa ini dengan meninggalkan sifat-sifat yang rasialistis,” tambah suami Louise M.A. Sitompul, SH, MKn.

Kunci dalam menghadapi persaingan pasar bebas, mau tidak mau, kita harus meningkatkan kemampuan kita untuk bisa bersaing dengan produk-produk impor. “Pertama kita harus meningkatkan kemampuan dalam bidang research and development, dan teknologi. Kedua, pemerintah mau memberikan pinjaman dana dengan bunga kredit yang murah,” tambah Yockie.

Selain itu yang ketiga, ungkap Yokie, kita harus terus meningkatkan dalam menjalin hubungan dengan para buyer di luar negeri. *

tautan berita