|Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Libya Bosan Dimanja Gaddafy



Bagaimana Gaddafy memanjakan rakyat di negaranya? Dengan kelola Sumber Daya Alam yang dimiliki, Gaddafy memfasilitasi kehidupan rakyatnya dengan cara seperti dibawah ini:

1. Tidak ada tagihan listrik, gratis bagi semua warga.

2. Tidak ada bunga pinjaman, bank-bank di Libya milik negara dan pinjaman diberikan tanpa agunan serta bunga 0%.

3. Papan / Perumahan adalah hak dasar penduduk Libya, Gaddafy pernah bersumpah jika berkuasa orang tuanya sendiri tidak akan mendapatkan rumah sebelum semua warga punya rumah. Ayah Gaddafy meninggal ketika dia, istrinya dan ibunya masih tinggal di tenda.

4 Pengantin baru di Libya menerima santunan $ 60.000 (setara US $ 50.000) dari pemerintah untuk membeli apartemen agar dapat membantu memulai keluarga.

5. Pendidikan dan perawatan medis bebas biaya. Sebelum Khaddafi, angka melek huruf hanya 25% dan kini 83%.

6. Jika ada warga ingin kembangkan bidang perkebunan, mereka akan menerima lahan pertanian, dan rumah pertanian, peralatan, bibit dan ternak untuk memulai peternakan, gratis.

7. Jika di dalam negeri tidak menemukan fasilitas pendidikan atau kesehatan yang dibutuhkan, dana pemerintah diberikan kepada warga untuk pergi ke luar negeri dengan kelengkapan fasilitas akomodasi US $ 2,300 per bulan dan tunjangan mobil.

8. Jika warga ingin membeli mobil, pemerintah memberikan subsidi 50% dari harga, dengan begitu bisnis energi (bensin) berjalan baik.

9. Harga bensin di Libya adalah $ 0,14 per liter.

10. Libya tidak memiliki utang luar negeri, jumlah cadangan devisa sampai $ 150 miliar  dan sekarang dibekukan secara global.

11. Jika mahasiswa lulus kuliah belum mendapatkan pekerjaan, negara membayar dengan rata-rata gaji profesi sampai menemukan pekerjaan.

12. Sebagian dari penjualan minyak Libya dikreditkan langsung ke rekening bank dari semua warga Libya.

13. Seorang ibu yang melahirkan seorang anak menerima santunan US $ 5.000

14. Harga 40 pcs roti di Libya  $ 0,15

15. Sebanyak 25% penduduk Libya lulus perguruan tinggi.

16. Gaddafi membuat proyek irigasi terbesar di dunia untuk menyediakan air di seluruh jazirah Libya.

Keenambelas poin diatas, menjadi alasan kenapa Gaddafy pantas mati, setidaknya menurut musuh-musuhnya.



1 komentar:

  1. Memang manusia ini sudah pada kehilangan nalar sehat. Kalau pemimpin sudah memberikan segala-galanya, lalu mau cari pemimpin yang bagaimana lagi. Saya termasuk orang yang mengagumi Kadhafi seperti mengagumi bung Karno. Selamat jalan Kadhafi. Sebesar apapun dosamu, semoga ampunan Allah jauh lebih besar lagi. Insyaallah.

    BalasHapus