A+

6/recent/ticker-posts

Rikkes Hari Pertama Calon Anggota KPPS Kebon Pala Diikuti 107 Warga

dr. Aditya Cahyaliartha membuka sekaligus memimpin jalannya pemeriksaan kesehatan hari pertama bagi calon anggota KPPS kelurahan Kebon Pala, Kamis (14/12/2023)



A+ | Kebon Pala, Makasar, Jakarta Timur - KPU membuka pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)  pada 11- 20 Desember 2023. 

Salah satu syarat untuk mendaftar anggota KPPS pemilu 2024 adalah Surat Keterangan Sehat yang difasilitasi Labkesda melalui pemeriksaan kesehatan di puskesmas kecamatan.

Hari pertama kegiatan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) untuk calon anggota KPPS Kelurahan Kebon Pala kecamatan Makasar Kota Administrasi Jakarta Timur, dilaksanakan di RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak)  Berseri pada Kamis (14/12/2023).

Pelayanan pemeriksaan kesehatan dalam rangka mendukung pemilu 2024 dilaksanakan mulai pada hari ini, Kamis (14/12/2023), Jumat (15/12/2023), kemudian Sabtu (16/12/2023) pagi jam 08.00 sampai pukul 11.00,  dan dilanjutkan pada Senin-Rabu (18-20/12/2023).

Dari pengamatan A+, sebanyak 107 orang pelamar yang telah lolos administrasi di PPS mengikuti  pemeriksaan kesehatan, namun ada beberapa yang terkendala karena masalah kolesterol, hipertensi dan gula darah tinggi sehingga harus mengulang pemeriksaan kembali sebelum masa pendaftaran berakhir.

Mereka yang hasil pemeriksaan kolesterol, hipertensi dan gula darahnya tinggi diarahkan untuk minta obat ke apotek Puskesmas kelurahan Kebon Pala.


Kasipem Kelurahan Kebon Pala Sigit Priyono, S.Sos., (berbaju batik) bersama ketua PPS Kebon Pala dan staf serta PKD sedang meninjau pendaftaran pemeriksaan kesehatan di RPTRA Berseri.



Diketahui bahwa kelurahan Kebon Pala yang memiliki gugus wilayah terbagi dalam 12 RW dan 144 RT, memiliki 156 TPS (Tempat Pemungutan Suara). Itu artinya, dengan asumsi per-KPPS adalah 7 (tujuh) orang maka dibutuhkan minimal sebanyak 1.092 orang anggota KPPS yang lolos verifikasi administrasi maupun kesehatan.
 
Di hari pertama pemeriksaan kesehatan, Kasipem kelurahan Kebon Pala Sigit Priyono, S.Sos., juga menghadiri dan menunggui kegiatan bersama sejumlah anggota FKDM antara lain Sandi Abidin, Tedi Pareira dan Nursanti, Ketua PPS Tulus Muara Siregar beserta staf, Kasat Pol PP kelurahan Kebon Pala Joha Wahyudi beserta anggota, Babinpotdirga KoopsAU I Serma Supriyadi, Panwaskel/PKD, PPSU dan sejumlah staf RPTRA. Pelayanan pemeriksaan kesehatan sendiri dipimpin kapuskes kelurahan Kebon Pala dr. Aditya Cahyaliartha dengan melibatkan nakes dari Puskesmas kecamatan, Puskesmas Halim 2 dan Puskesmas Kebon Pala.

Salah satu anggota PPK kecamatan Makasar, Masduki, yang sempat hadir dan meninjau pelaksanaan pemeriksaan kesehatan para calon anggota KPPS, mengungkapkan bahwa warga berusia diatas 55 tahun akan ditolak oleh petugas Puskesmas karena mengikuti syarat PKPU. Hal ini mengingat tingginya animo masyarakat usia senior diatas 55 tahun yang juga ingin berpartisipasi aktif menyukseskan Pemilu Serentak 2024.

"Kalau tetap ingin mendaftar maka test kesehatannya di RS atau Klinik," pungkas Masduki.

(*)




Posting Komentar

0 Komentar