Jakarta Tanggap COVID-19

Data Pemantauan COVID-19 Nasional dan DKI Jakarta

21 Januari 2020 sampai hari ini

UPACARA MERTI DESA SAPARAN & KIRAB RITUAL SESAJI SENDHANG DUKUH GRINTINGAN, SELO, BOYOLALI

rilis budaya**Dalam rangka memperingati hari besar 15 Sapar dalam kalender Jawa, bertepatan dengan hari Senin dan Selasa tanggal 1 – 2 Februari 2010, masyarakat dukuh Grintingan, desa Lencoh, Selo, Boyolali akan mengadakan upacara slametan merti desa & kirab ritual sesaji sendhang.

Pada Senin 1 Februari 2010, prosesi akan diawali pukul 10.00 WIB dengan kenduri sesaji gunungan sego golong yang diikuti oleh seluruh penduduk setempat.

Hari berikutnya (Selasa, 2/2) tepat pada pukul 12.00 WIB, rangkaian prosesi akan dilanjutkan kirab mubeng desa untuk memulai rangkaian upacara ritual sesajen sendhang di mata air Tuk Salam dan Tulangan di kaki Gunung Merbabu. Kirab akan diikuti para tokoh dan tetua dukuh serta para penduduk dengan berpakaian lengkap sesuai bentuk seluruh kesenian rakyat setempat yaitu kesenian Tanen, Janung (Jaran Gunung) dan kesenian Pring Gunung Kawedhar. Di mata air keramat tersebut diadakan prosesi ritual berupa penanaman pohon keramat dan pentas ritual. Selanjutnya rangkaian upacara akan ditutup dengan pentas kesenian khas dukuh Grintingan, yaitu kesenian Tanen.

Selain menampilkan kesenian Tanen, akan ditampilkan pula bentuk-bentuk kesenian setempat lainnya seperti kesenian Janung dan buto Grasak serta akan tampil sebagai pentas perdana kesenian Pring Gunung Kawedhar. Pentas puncak upacara juga akan dimeriahkan pentas apresiasi seni baik musik, tari, teater maupun wayang kontemporer dari mahasiswa/i ISI Surakarta dan ISI Yogyakarta, serta komunitas-komunitas seni dari Magelang, Salatiga, Malang, Surakarta dan Ponorogo (dalam konfirmasi).

Prosesi akan dihadiri Muspida, jajaran institusi terkait seperti Dinas Pariwisata Kabupaten Boyolali, Muspika dan para pejabat sipil lingkungan setempat serta jajaran pengajar/dosen Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta dan ISI Yogyakarta.

Selain sebagai salah satu bentuk upacara hari besar dalam kepercayaan masyarakat setempat, pentas upacara merti desa Saparan ini juga dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur dan doa akan kehidupan yang lebih baik di hari-hari selanjutnya. Dibalik prosesi dan ekspresi seni yang ditampilkan, sesungguhnya tersimpan nilai-nilai kearifan lokal sebagai masyarakat agraris akan usaha konservasi alam. Peristiwa ini juga bisa menjadi agenda tahunan demi menghidupkan kegiatan pariwisata daerah setempat, tidak hanya wisata alam, akan tetapi juga wisata budaya.

Contact person:
Subagiyo Hari Utomo(0815 7868 6660)
Email: sawunggunung@gmail.com, dulcinea@dublin.com

Setelah Haiti, Amerika Incar Iran dengan HAARP

* Fars - Angkatan Laut Rusia dalam sebuah laporan menyebut gempa bumi yang terjadi di Haiti akibat uji coba senjata HAARP (High Frequency Active Auroral Reasearch Program) oleh militer Amerika dan menyebut target berikut dari ujicoba ini adalah menghancurkan Iran dan menggulingkan pemerintah saat ini melalui gempa bumi.

HAARP mengembangkan senjata ekologi yang digunakan dengan cara mengirimkan energi luar biasa ke lapisan ionospher, memancing reaksi energi yang sangat dari seluruh molekul lapisan bagian lapisan atmospher tersebut. Fenomena ini akan dapat menimbulkan berbagai macam gangguan cuaca seperti kekeringan, hujan salju, hujan lebat, cuaca dingin, tsunami, badai, gempa, dan lain-lain.

Situs Walternet dalam sebuah laporan berjudul "Apakah Amerika punya peran dalam terjadinya gempa bumi Haiti?" menulis, berdasarkan pernyataan surat kabar Russia Today, Hugo Cavez, Presiden Venezuela menuding Amerika bertanggung jawab atas terjadinya rententan gempa bumi terakhir di Laut Karibia, termasuk gempa bumi di Haiti.

Berdasarkan tayangan televisi Vive TV Venezuela, pernyataan militer Rusia ini segera menyadarkan banyak orang dan menyusul laporan ini negara-negara seperti Venezuela, Bolivia dan Nikaragua langsung meminta diadakannya sidang darurat Dewan Keamanan PBB sebagai lembaga yang harus membahas tuduhan agresi militer Amerika terhadap Haiti.

Televisi Vive Tv dalam laporannya mengatakan, laporan Angkatan Laut Rusia menunjukkan betapa mereka telah melakukankajian mendalam atas aktivitas Angkatan Laut Amerika di Laut Karibia sejak tahun 2008. Amerika tahun 2008 menyatakan kecenderungannya untuk meremajakan Armada Keempat Amerika yang sudah tidak aktif ladi sejak tahun 1995. Setahun kemudian Rusia menjawab kecenderungan Amerika dengan mulai melakukan latihan dan aktivitas Angkatan Lautnya di sekitar Kapal Induk Nuklir Pierre Le Grand yang tidak beroperasi lagi sejak berakhirnya Perang Dingin.

Sejak berakhirnya dekade 70-an, Amerika telah meningkatkan risetnya terkait senjata HAARP. Dan sejak itu mereka memanfaatkan generator retakan dan getaran, plasma dan resonansi (gelombang suara) untuk menciptakan bomb dengan gelombang getaran yang kuat.

Laporan ini kemudian membandingkan dua uji coba yang dilakukan Angkatan Laut Amerika pekan lalu yang pertamanya mengakibatkan gempa 5,6 SR di sekitar kota Eureka di California yang tidak menimbulkan korban jiwa, sementara uji coba kedua menciptakan gempa bumi di Haiti yang sedikitnya menelan 140 ribu korban.

Sebagaimana yang ditunjukkan oleh laporan ini, Angkatan Laut Amerika kemungkinan besar mengetahui dampak luas kerusakan akibat gempa bumi di Haiti. Oleh karenanya, Angkatan Laut Amerika langsung mengutus Letnan Jendral Ken Keen, Panglima Militer Amerika di Haiti mengirim pasukannya ke sana untuk mengontrol pintu masuk dan mengawasi segala aktivitas dan upaya penyelamatan di negara ini.

Terkait target terakhir dari uji coba ini, Angkatan Laut Rusia menyatakan, tujuan akhir uji coba ini adalah menghancurkan Iran dan menggulingkan pemerintah saat ini dengan menciptakan gempa bumi.

Masih dari laporan ini, proyek HAARP juga akan memberikan Amerika kemampuan untuk menciptakan perubahan luar biasa terhadap kondisi iklim guna munculnya banjir, kekeringan dan angin topan.

Sesuai dengan laporan ini, ada informasi bahwa gempa bumi 7,8 SR yang terjadi tanggal 12 Mei 2008 di Sichuan, Cina punya kesamaan dengan dampak yang terjadi akibat gelombang elektromagnetis HAARP.

Televisi Vive TV di bagian akhir laporannya menjelaskan, pasca terjadinya gempa bumi Haiti, Departemen Pertahanan Amerika (Pentagon) menyatakan, USNS Comfort, kapal rumah sakit langsung dikirim ke Haiti. Setelah itu, Michel Mullen, Panglima Staf Gabungan Militer Amerika menyatakan, militer Amerika siap memberikan bantuan darurat kepada korban gempa bumi Haiti.

Berdasarkan laporan Angkatan Laut Rusia, Amerika mengirim 10 ribu personil militer ke Haiti pasca gempa bumi dengan tujuan mengontrol negara yang telah hancur itu. (www.indonesianradio.ir)

Ternyata Jupe Waria Operasi Plastik di Panama!!!

Banyak cara dilakukan orang untuk mendapat popularitas, apapun caranya. Dalam hingar bingar gemerlap dunia entertainment, operasi plastik lazim dilakukan, mulai dari bagian wajah, dada, betis atau bahkan full body semacam mendiang Michael Jackson.

Tapi bagaimana kisah menarik tentang Jupe ini???

Berawal dari seorang anak pengusaha kaya yang memiliki kelainan orientasi seksual ingin mengubah diri jadi seorang wanita, oleh seorang dokter yang sebelumnya melakukan permak full body terhadap jupe dan banyak pelanggan seluruh dunia, dimulailah sesi wawancara dan presentasi reputasi atau portofolio sang dokter serta katalog para selebritas yang pernah dipermaknya.

Bersambung ...

Parlementaria: Cekcok Gayus "Bang Sat" vs Ruhut "Setan"

Berikut ini petikan cekcok politisi Parlemen Gayus Lumbuun alias "Bang Sat" dari PDIP dengan Ruhut Sitompul, "Setan" Demokrat.

Ruhut : Anda sebagai pimpinan harus tegas, jangan molor-molor gini. (Dengan logat khas Bataknya).
Gayus: Ada waktunya Anda menyampaikan pendapat internal dan eksternal, yang ini cukup.
Ruhut: Oke, tapi kalau begitu pimpinan, kita konsekuen, sampai jam empat pagi pun oke. Aku sampai seminggu di sini juga siap. Buktinya, aku duduk terus. Jangan nanti Anda tanya terus nanti Anda keluar. Saya gak setuju.
Gayus : Anda minta saya keluar?
Ruhut : Enggak. Saudara jangan marah-marah. Kemarin Anda sudah marahi saya terus keluar.
Gayus : Memangnya Anda melihat saya keluar?
Ruhut : Oke, jangan marah-marah, sebentar, aduh marah-maraaah, kamu ini profesor. Aku ini nggak profesor, tapi nggak marah-marah.
Gayus: Anda jangan kurang ajar nyebut profesor.
Ruhut : Saya nggak ngomong kurang ajar. Terima kasih boosss...
Gayus : Jangan kurang ajar kau.
Ruhut : Kau yang jangan kurang ajar. Kenapa, nggak senang? Kau lempar palu ke aku. (menantang)
Gayus: Sudah... sudah... harusnya Pansus menegur Ruhut supaya dikembalikan ke fraksinya karena selalu bikin gaduh...
Ruhut : Apa urusannya. Kau PDIP, aku Demokrat... Aku hanya ingin fair, PDIP sudah banyak (waktunya)... Fraksi lain hanya 20 menit, mentang-mentang... terima kasih.
Gayus : Hak pimpinan sangat penuh untuk mengatur. Anda jangan mengacaukan rapat ini.
Ruhut : Di sini sama kita pimpinan. Terima kasiiiih... profesoooor.
Gayus : Sudah... kamu sudah...
Ruhut : Ya sudah, jangan ngoceh lagi...
Gayus : Saya tanya, sudah belum?... Yang mimpin saya, bukan Anda.
Ruhut : Sesama anggota pansus, kita berdiri sama tinggi.
Gayus : Siapa bilang tinggi aku sama kau (ruangan riuh karena tawa keras).
Ruhut : Idrus Marham, tolong ambil alih dulu nih... Wakil Saudara ini sudah mulai aneh-aneh.
Gayus : Diam kau.
Ruhut : Jangan bilang diam.
Gayus : Satu kalimat. Diam kau!
Ruhut : Kau yang diam, bangsat!!! (suasana makin riuh).
Gayus : Hei, Anda menyebut kata-kata kotor untuk pimpinan.
Ruhut : Heh, Anda apa dari tadi nggak kotor? Anda gak boleh begitu.
Gayus : Diam kau.

Anggota pansus lain mencoba terus melerai: Sudah... sudah... sudah...
Achsanul Qosasi yang duduk di sebelah kanan Ruhut mencoba mematikan mikrofon di depan Ruhut. Namun, tangannya terus dicegah, sebelum akhirnya mikrofon di depan Ruhut benar-benar bisa dimatikan.

Di kursi pimpinan, wakil ketua Pansus dari FPD Yahya Sacawirya juga berdiri. Dia mengacungkan tangan, seperti tanda time out, agar keributan dihentikan.
Ketua Pansus Idrus Marham yang juga duduk di kursi pimpinan hanya geleng-geleng kepala. Sementara, tiga mantan pejabat BI yang diperiksa terdiam di kursi saksi.

Tanya jawab pun kembali dilanjutkan. Andi Rahmat dari Fraksi PKS yang mendapat giliran bertanya mulai mengajukan pertanyaan. Di ujung ruangan, Ruhut masih mengomel-ngomel.

Gayus pun kembali menimpali.
Gayus : Suara dari mana tadi?
Ruhut : Suara dari langit.
Gayus : Kalau begitu suara setan itu... (Tawa hadirin pun kembali meledak).

'Wah, bener nih yang dibilang Gus Dur, anggota DPR ini kayak anak TK,' celetuk salah seorang pengunjung yang duduk di balkon bersama wartawan. (net)

Pengangkatan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin:Presiden Melanggar Undang-Undang dan TAP MPR

SIARAN PERS
Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D)
No: 01/SP/P2D/I/2010

Pengangkatan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin:
Presiden Melanggar Undang-Undang dan TAP MPR

Pengangkatan Letjen TNI Sjafrie Sjamsuddin sebagai Wakil Menteri Pertahanan adalah kesalahan fatal yang dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pasal 39 butir (4) UU No. 34/2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, secara tegas menyatakan bahwa prajurit dilarang terlibat dalam kegiatan untuk dipilih menjadi anggota legislatif dalam pemilihan umum dan jabatan politis lainnya, padahal jabatan wakil menteri adalah jabatan politis (political appointee)

Bahkan lebih tinggi dari itu, pasal 47 ayat (1) UU No. 34/2004 dan pasal 5 ayat (5) TAP MPR Nomor VII/MPR/2000 tentang Peran Tentara Nasional Indonesia dan Peran Kepolisian Negara Republik Indonesia, juga menegaskan bahwa anggota TNI hanya dapat menduduki jabatan sipil setelah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas ketentaraan. Itulah dasar dari prinsip pemerintahan sipil yang kita anut sejak reformasi. Jiwa ³the supremacy of civilian values² inilah yang mengikat politik demokrasi kita sekarang ini.

Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin jelas merupakan prajurit TNI aktif. Bahkan. pada saat dilantik secara langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dia memakai seragam sebagai anggota TNI, lengkap dengan atribut kepangkatan militer.

Posisi Wakil Menteri merupakan jabatan sipil dan bersifat politis. Jabatan Wakil Menteri diangkat oleh presiden ketika terdapat beban kerja yang membutuhkan penanganan secara khusus (Pasal 10 UU No 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara). Jabatan Wakil Menteri Pertahanan bukan merupakan jabatan karier, karena keberadaan jabatan tersebut tidak bersifat permanen dan merupakan political appointee presiden.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, Kami yang tergabung dalam Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) menilai bahwa:

Pertama, keputusan presiden yang mengangkat Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin telah bertentangan dengan UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia. Dengan demikian, tindakan presiden telah melanggar undang-undang.

Kedua, keputusan presiden tersebut telah bertentangan dengan TAP MPR No.VII/MPR/2000 tentang Peran Tentara Nasional Indonesia dan Peran Kepolisian Negara Republik Indonesia. TAP MPR tersebut adalah manifestasi jiwa
reformasi yang menghendaki supremasi sipil. Jadi nampak bahwa, Presiden tidak peka terhadap semangat demokratisasi yang hendak dibangun dalam era reformasi sekarang.

Ketiga, keputusan presiden mengangkat Syafrie Syamsuddin sebagai Wakil Menteri Pertahanan yang nyatanya bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, menunjukkan bahwa Presiden tidak memahami aturan
(perundang-undangan).

Pada akhirnya, pengangkatan itu sekaligus menunjukkan bahwa Presiden tidak memahami prinsip ³supremasi sipil² dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Jakarta, 7 Januari 2010

Robertus Robet
Sekjen

LOWONGAN PENULIS

ɯoɔ˙ןıɐɯƃ@oʍoʇsɐɹd˙ɹɐɥɐɯ :ǝʞ ןıɐɯǝ ɯıɹıʞ ˙ɐʇuıɯıp ƃuɐʎ ıɾɐƃ uɐʞɯnʇuɐɔ ˙ıɹɐɥ ɹǝd uɐsıןnʇ ısʞnpoɹdɯǝɯ uɐndɯɐɯǝʞ ɐʇɹǝs 'uɐsıןnʇ ɥoʇuoɔ uɐp ʌɔ ɯıɹıʞ ˙ɐpuɐ uɐʞɥnʇnqɯǝɯ ƃuɐpǝs ıɯɐʞ ¿ɐɔɐq ʞɐʎɐן sıןnuǝɯ ɐsıq uɐp ɟıʇɐǝɹʞ ɐsɐɹǝɯ nɐʇɐ ɹǝƃƃoןq 'sıןnuǝd ƃuɐɹoǝs ɐpuɐ
ANDA SEORANG PENULIS, BLOGGER ATAU MERASA KREATIF DAN BISA MENULIS LAYAK BACA? KAMI SEDANG MEMBUTUHKAN ANDA. KIRIM CV DAN CONTOH TULISAN, SERTA KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TULISAN PER HARI. CANTUMKAN GAJI YANG DIMINTA. KIRIM EMAIL KE: mahar.prastowo@gmail.com

Paling lambat 8 Januari 2010

Mahar Prastowo
0815 8579 2280

NKRI wajib berterimakasih pada Freeport yg rela berikan 1% hasil tambang emasnya!!!

Hanya mendapat bagian 1% dari setiap aktifitas penambangan emas oleh Freeport di Timika, Indonesia dapat membangun selama 40 tahun. Karena itu, Freeport layak mendapatkan penghargaan setimpal. Masyarakat sebaiknya juga tidak bergabung dengan GRUP ANTI FREEPORT di FACEBOOK http://www.facebook.com/group.php?gid=232169248375&ref=mf yang punya agenda mengusir Freeport dari Papua. Kalau tidak ada freeport, bagaimana dengan nasib para pejabat korup negeri ini? Bagaimana jadinya kalau Papua kelola sendiri kawasan tembagapura, bisa-bisa Indonesia jadi negara kuat yang akan membuat setiap warganegaranya bisa menepuk dada didepan bangsa-bangsa lain.

2010: Momentum Silaturrahim dan Mengenali Kerabat

2010 is TUWEN TITEN YEAR MOVEMENT

Sakderengipun panjenengan sami maos serat kawula ing ngandhap, kawula nyuwun sagunging sih pangaksami amargi nyerat kanthi basa jawa ngoko ingkang kirang trapsila dene panjenengan sedaya para priyayi ingkang kedah kawula entuti eh ajeni.

Luwih saka sewu SMS utawa layang cekak kudu tak busek saka telpon cangking amarga ana tulisane your inbox is full, erase all? cara jawane kira-kira grobokmu wis kebak, busek kabeh?

Aku milih erase all kanthi mejet yes [nggih] ing telpon cangking, kira-kira sakuntara wektu, kabeh layang cekak mau wis entek resik lan telpun cangkingku krasa luwih kepenak dipejet-pejet kanggo sms-kirimkiriman layang cekak lan twitteran utawa mbacot-mbacotan nyarumuwus.

Wingi bengi aku melu ndamu slompret tanggap yuswa [ulang tahun] lan tahun anyar rongewu sepuluh kang sinebut kanthi cara inggris: TUWENTITEN.

Tuwen Titen iku sakjane basa jawa. kira-kira artine mangkene.
Tuwen iku saka tembung tuwi kang nduweni arti niliki kang wong arab nyebut silaturrahim, lan Titen nduwe arti bisa mangerteni utawa bisa niteni. Dadi, tahun 2010 utawa Twentiten iki duwe panemu lan nggawa pesen dadi taun kanggo silaturrahim kareben saben wong utamane bocah nom-noman bisa niteni sapa bae sedulure kang wis padha sumebar ing nuswantara kang endah edi peni lan uga nduweni para punggawa njelehi iki.