|Call Center NTMC POLRI (Kode Area) "500669" atau SMS "9119", Darurat Kamtibmas Telp 110 (dari Telkomsel) atau 021-110 (dari selain telkomsel)|

A+ per detik

Kasum TNI Tinjau Kesiapan Latihan Bersama Penanggulangan Terorisme di Mako Kopassus



Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI J. Suryo Prabowo dan para Komandan Satuan Elit TNI�Polri meninjau kesiapan peralatan dan latihan penanggulangan teror di Mako Kopassus.

NEWMEDIA--Dalam rangka meningkatkan kemampuan penanggulangan teror (gultor), pasukan elit dari TNI dan Polri akan gelar latihan bersama (latma) Waspada Nusa III TA. 2011  pada 27 Oktober  2011 dengan obyek berbagai sasaran yang berbeda. Sasaran tersebut antara lain Hotel Sultan, Gedung Bursa Efek Indonesia, Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Priok dan Gedung TVRI. 
Kesiapan latihan bersama TNI–Polri ini mendapat perhatian dari Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI J. Suryo Prabowo dan para Komandan Satuan Elit TNI–Polri yang meninjau kesiapan peralatan dan latihan penanggulangan teror di Mako Kopassus Cijantung, Jakarta Timur. Sebelum melaksanakan peninjauan, Kasum TNI mendapat penjelasan seputar Satuan 81 Penanggulangan Teror Kopassus TNI AD dan Rencana Garis Besar Latihan Waspada Nusa III TA. 2011. 
Pelaksanaan latihan bersama TNI – Polri dalam penanggulangan teror ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas TNI – Polri serta komponen masyarakat lain yang akan terlibat dalam latihan. Penanggulangan teror bukan hanya urusan TNI – Polri saja tetapi merupakan kepedulian dan kewaspadaan seluruh rakyat Indoenesia yang ingin hidup tenang dan damai di Republik Indonesia.
Dalam kunjungan tersebut, Kasum TNI menekankan untuk berlatih dengan baik dan memotivasi pasukan elit agar dapat menunjukkan kepada pimpinan bahwa mereka dapat dipercaya, serta diharapkan latma kali ini akan dapat menyempurnakan Standard Operating Prosedure (SOP) dalam menghadapi krisis. 
"Belajar dari kejadian teror di negara-negara lain, Pasukan Elit TNI – Polri harus menyadari bahwa tidak ada keberhasilan perorangan, yang ada adalah keberhasilan bersama," demikian disampaikan oleh Letjen TNI J. Suryo Prabowo soal upaya sinergitas TNI – Polri.
Latihan bersama yang dilaksanakan setiap tahun ini juga akan melibatkan satuan lain di luar TNI – Polri, seperti BNPT, Pemadam Kebakaran, Bea Cukai, Telkom dan Petugas Keamanan di tiap instansi yang akan dijadikan sebagai tempat latihan.
Menyamakan Persepsi
Pekan sebelumnya, Jum'at (7/10), apel kesiapan Latma antiteror dengan sandi "Waspada Nusa III" ini di gelar di Markas Komando Kopassus TNI Angkatan Darat Cijantung, Jakarta. Masih pada hari yang sama, Keluarga Besar Kopassus juga menerima kunjungan Pewarta Warga NewMedia, Mahar Prastowo dalam rangka melakukan sinergi menyamakan persepsi dalam mempertahankan 4 pilar kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika.
Pewarta Warga NewMedia disambut oleh Komandan Grup-3 Kopassus, Kolonel Izak Pangemanan bersama jajaran dan terlibat dalam diskusi di Desk Papua Batalyon Grup-3 Sandi Yudha Kopassus. 
Kolonel Izak Pangemanan juga berharap agar media sebagai penyampai informasi lebih meningkatkan perannya dalam menjaga keutuhan NKRI dan pilar kebangsaan lainnya yakni Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika demi kepentingan bersama menciptakan stabilitas negara agar memiliki ketahanan kuat dalam menghadapi ancaman baik dari dalam maupun luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar