A+

6/recent/ticker-posts

Sejumlah Tokoh Komunitas Jogja Pentaskan Kethoprak Damarwulan Ft. MenakJinggo

Bawa Pesan Pelestarian Budaya dan Perdamaian




A+ | Budaya -
PAGUYUBAN Warga Yogyakarta di Jakarta (Pawarta), Badan Penghubung Daerah (Banhubda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Depok, dengan didukung oleh Djarum Foundation, BCA dan Danais, mempersembahkan pagelaran seni tradisi kethoprak berjudul “Damar Wulan Feat Minak Djinggo”.

Ketoprak juga dimeriahkan oleh penampilan istimewa Kagama Beksan Jabodetabek (KBJ) yang mempersembahkan tari “Glipang” sebagai bagian pembuka acara, dan tari “Jejer Jaran Dhawuk” yang menjadi bagian cerita kethoprak.

Untuk semakin menghangatkan suasana, KBJ mengajak serta para duta besar dan tamu undangan yang hadir untuk ikut menari.

Ketua panitia pentas yang juga merupakan Ketua Harian Pawarta Yogjakarta, Suryo Purnomo mengatakan pagelaran ketoprak dihelat dalam rangka menyambut KTT ASEAN 2023, yang bertujuan berperan serta ikut hambangun Negeri Yogyakarta, menjaga kelestarian budaya nusantara, dan merajut seni tradisi untuk mempererat persatuan bangsa.

“Insya Allah pagelaran ini akan mampu memberikan pesan kepada generasi muda anak-anak bangsa kita agar tumbuh kepedulian kepada seni budaya kita sendiri, sehingga bersedia ikut merawatnya. Dengan demikian diharapkan seni tradisi tidak hilang tergerus zaman, dan dikalahkan oleh budaya asing,” jelas Suryo dalam keterangannya.

Sementara itu, Ketua Kagama Depok, Sriyanto, dalam kata sambutannya mengatakan ada pesan sangat menarik dari kisah yang dipentaskan, yaitu menjaga persatuan sangatlah penting di dalam perbedaan. Jangan bermusuhan dikarenakan perbedaan. Justru perbedaan adalah modal sosial, sekaligus modal politik untuk memperkuat Nusantara.

“Mewakili Kagama Depok, saya mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah banyak membantu sehingga acara bisa berjalan sukses. Kagama Depok setiap tahun berupaya menyelenggarakan kegiatan seni budaya yang melibatkan berbagai komunitas maupun instansi, salah satunya dengan Pawarta Jogja dan Banhubda DIY. Mohon doa dan dukungannya, semoga ke depannya kami bisa mempersembahkan acara yang lebih gebyar lagi,” ucap Sriyanto.



Ketoprak yang disutradarai Agus Marsudi tersebut didukung sejumlah artis dan pelawak terkenal seperti Ayu Azhari, Marwoto, Den Baguse Ngarso dan kawan-kawan. Ikut memeriahkan acara, tampil beberapa pejabat penting, seperti Menkopolhukam Mahfud MD, Dubes Jerman Ina Lepel, Dubes Belanda Lambert Grijns, Dirjen Amerika & Eropa Umar Hadi, Dirut BPJS Kesehatan Ali Ghufon Mukti, Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, Komisaris BCA Harinowo dan lain-lain.

Pentas dihadiri oleh ratusan penonton. Sejumlah pejabat publik hadir dan menyaksikan pertunjukan, diantaranya Komisaris BNI Herawati Boediono (Mantan Wapres), Anggota KSP, Kepala Badan Intelejen Daerah DIY, Sekretaris DPRD Yogya, Deputi Bidang Hubungan Antarlembaga BPJS, direktur BUMN, dan beberapa pejabat lainnya.

Pagelaran Ketoprak dengan lakon atau judul “Damar Wulan Feat Minak Djinggo” itu digelar di ruang auditorium Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta, pada Jumat (28/7/2023) dengan Primasis selaku EO. Acara ini didukung oleh sejumlah sponsor yaitu BCA, Djarum Foundation, Permodalan Nasional Madani, Inti Sumber Baja Sakti, Bank Indonesia, Gunung Raja Paksi Steel, Indofood, BPJS Kesehatan, Gunung Prisma Baja, Catur Mitra Sukses Makmur, Patra Jasa, Makmur Utama, Yodya Karya, Viva Cosmetic dan Kiky Katering.




 

 

Posting Komentar

0 Komentar