A+

6/recent/ticker-posts

Jadwal dan Panelis Debat Capres-Cawapres

 




A+ | Jakarta - Debat Capres-Cawapres 2024 edisi perdana digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023), dimulai pukul 19.00 WIB, dihadiri tiga paslon Capres-Cawapres yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Komisi Pemilihan Umum juga merilis 11 nama panelis debat perdana capres-cawapres pada pilpres 2024. Ada mantan Ketua Komnas HAM hingga Guru Besar yang masuk dalam daftar panelis.August menerangkan, 11 orang telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi panelis pada debat pertama Pilpres 2024.

"Kita sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaannya. Ada 11 panelis yang kami sudah hubungi dan bersedia sejak kemarin," terangnya, Sabtu 9 Desember 2023. August menyampaikan, panelis bakal membuat materi soal debat. Mereka akan dikarantina terhitung sejak Minggu, 10 Desember 2023 hingga Rabu, 13 Desember 2023 di Jakarta.

"Untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan disusun oleh panelis. Nanti kami akan diskusikan tema besarnya dan kemudian bagaimana rumusan-rumusan pertanyaan, termasuk bagaimana tata kelola dari pertanyaan-pertanyaan yang nanti akan dirumuskan oleh para panelis di situ," ujar dia.

August mengatakan, panelis dan moderator kemudian akan menandatangani pakta integritas.

Pada debat perdana kali ini, hanya para calon presidenlah yang beradu gagasan terkait sejumlah isu utama yang diangkat yakni Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.


Panelis Debat

Panelis debat Capres itu adalah:
1. Pakar Ilmu Politik UGM Mada Sukmajati
2. Pakar Ilmu Politik Undana Rudi Rohi
3. Ahli Hukum Tata Negara Undip Lita Tyesta ALW
4. Pakar Hukum Unand Khairul Fahmi
5. Pakar Hukum Tata Negara UNS Agus Riewanto
6. Pakar Tata Hukum Negara UNPAD Susi Dwi Harijanti
7. Guru Besar Universitas Jember Bayu Dwi Anggono
8. Ketua Komnas HAM 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik
9. Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga Phil Al Makin
10. Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto
11. Dekan Fisipol UGM Wawan Mas’udi

Untuk lokasi debat capres dan cawapres untuk saat ini akan dilaksanakan di Jakarta. Masyarakat Indonesia bisa menyaksikan acara debat capres-cawapres tersebut melalui saluran televisi dan radio yang menyiarkannya. Diketahui terdapat beberapa stasiun TV dan radio yang akan menyiarkan debat tersebut secara langsung.

Jadwal Debat Capres/Cawapres 2024:
• Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023.
• Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023.
• Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024.
• Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024.
• Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024.




Posting Komentar

0 Komentar